Barito Putera maksimalkan lini pertahanan saat libas Arema FC

Gianyar, Bali (JurnalPagi) – Pelatih Kepala Barito Putera Rahmad Darmawan memaksimalkan peran pemain di lini pertahanan sehingga mampu melibas tim tuan rumah Arema FC pada laga pekan keenam Liga 1 Indonesia 2023/2024 di Stadion Kapten Dipta, Gianyar, Bali.

“Kami mengoptimalkan kemampuan pemain bagaimana mereka mengelola pertahanan, saat hilang bola dan menempatkan diri,” kata Rahmad setelah pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu.

Hasilnya tiga gol berhasil diraup Bayu Pradana dan kawan-kawan pada babak pertama.

Kemudian pada babak kedua, satu gol kembali dicetak dengan strategi yang sama yakni memperkuat pertahanan dengan tetap menjawab serangan tim tuan rumah untuk mengadang serangan.

Ada pun gol kemenangan tim dengan julukan Laskar Antasari itu diciptakan Gustavo Henrique Tocantins pada menit ke-13 dan ke-38, serta sepakan Murilo Mendes pada menit ke-24 dan ke-73.

Ia menilai strategi tersebut mampu membuat skuadnya unggul jauh dengan skor 4-0 saat mengalahkan tim Singo Edan, meski ia mengakui tak banyak peluang gol dalam pertandingan tandang itu.

“Kadang strategi berjalan baik dan ada hal yang kurang. Pemain juga menunjukkan kualitas sehingga semua berjalan seimbang. Kami bermain efektif, peluang tidak banyak tapi dikonversi efektif menjadi gol,” ucapnya.

Barito Putera kandaskan Arema FC 4-0

Kemenangan meraih tiga poin melawan Arema FC itu pun membuat Barito Putera mengulang kesuksesan di Gianyar, Bali ketika berhasil selamat dari zona degradasi pada musim kompetisi 2022, di tempat yang sama yakni Stadion Dipta.

Saat itu, Barito Putera berhasil mengalahkan Persib Bandung sehingga skuadnya lolos dari jerat degradasi.

“Kalau dibilang (Stadion Dipta) membawa keberuntungan, iya, kami tahun lalu bisa lepas dari zona degradasi di Gianyar ini dengan kerja keras,” katanya.

Dengan raihan tiga poin kemenangan itu, Barito Putera berada di peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2023/2024 dengan total 10 poin.

Sementara itu, pada pekan ketujuh Liga 1 Indonesia, Barito Putera dijadwalkan menjamu Dewa United pada Rabu (9/8).

Arema ungkap pertahanan lemah saat hadapi Barito Putera

Dewa United ditahan imbang tanpa gol oleh Persis Solo

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © JurnalPagi 2023