Banyak wanita Indonesia mengeluhkan wajah kusam, kenapa?

Jakarta, CNBC Indonesia – Ketidakpastian penyakit kulit wajah masih menjadi masalah yang mempengaruhi kepercayaan diri wanita. Hal ini dibuktikan dengan temuan Indeks Kecantikan ZAP 2023 (ZBI) yang menunjukkan bahwa kulit wajah memiliki persentase sebesar 50,1% dan menempati urutan pertama sebagai penyebab rasa tidak percaya diri di kalangan wanita Indonesia.

Survei yang dilakukan oleh ZAP dan MarkPlus ini melibatkan 9.010 perempuan di seluruh Indonesia dari berbagai usia dan latar belakang profesi.

Sementara itu, kulit kusam menempati urutan teratas sebagai masalah yang dikeluhkan oleh Gen X, Milenial, dan Gen Z. Persentase ini mencapai 57,6% dan lebih tinggi pada wanita yang tidak dirawat di klinik kecantikan yaitu 64,8%. %.

Sedangkan biji berbiji hitam dan berpori besar menempati urutan berikutnya dengan persentase 57,1% dan 51,0%.

ZAP mengutip siaran resmi Rrabu (25/1/2023) mengatakan: “Ini cukup untuk menunjukkan perubahan temuan ZBI dalam beberapa tahun terakhir yang menunjukkan jerawat sebagai masalah utama kulit wajah.

Selain masalah tersebut, kerutan juga menjadi wabah di kalangan wanita dimana ZAP menemukan bahwa 20,9% Gen Z di Indonesia juga mengeluhkan keriput. Menghadapi masalah penuaan dini, Gen Z mulai mencari perawatan kulit yang bisa mengatasi masalah tersebut.

34,2% Gen Z mencari manfaat anti penuaan dalam perawatan kulit. Gen Z lebih mengutamakan kandungan anti aging dibandingkan skin care yang memiliki kemampuan memutihkan kulit wajah. Fenomena ini terlihat sejak ZAP melakukan survei ZBI pada tahun 2020 dan 2021.

Meski begitu, hal itu membuat para wanita rela untuk fokus pada anggaran perawatan diri mereka untuk menemukan perawatan dan perawatan kulit yang tepat. Ini membuat mereka lebih sadar akan bahan perawatan kulit. ZBI 2023 mencatat, kesadaran wanita Indonesia terhadap kandungan bahan dalam produk perawatan kulit meningkat tiga kali lipat dibandingkan tahun 2019.

Selain wajah, penampilan tubuh juga menarik perhatian wanita. Berat badan, perut dan gigi menjadi sumber ketidakamanan berikutnya dengan masing-masing 44,9%, 39,7% dan 27,6%.

Kemudian, rambut juga kerap menjadi aspek penampilan yang diprioritaskan oleh wanita Indonesia. Meski sebagian wanita Indonesia mengenakan hijab, banyak dari mereka ternyata juga mengeluhkan masalah rambut dan kulit kepala.

Terkait hal tersebut, masalah yang paling sering dialami oleh wanita Indonesia adalah kerontokan rambut (79,1%) dan ketombe (47,9%).

“Standar penampilan yang tinggi mempengaruhi definisi cantik di mata wanita Indonesia. 58,5% wanita merasa cantik jika memiliki wajah yang bersih dan mulus. 51,9% lainnya menganggap cantik itu artinya. Kulit cerah dan bercahaya, pungkas ZAP .

[Gambas:Video CNBC]

(dpu/dpu)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *