BAKTI menyediakan dukungan koneksi di lima titik di ibu kota nusantara

JAKARTA (JurnalPagi) – Badan Akses Komunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan dukungan koneksi di lima titik untuk mendukung kelancaran telekomunikasi di ibu kota nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Direktur Utama BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Fazileh Matar mengatakan konektivitas yang disediakan di IKN berasal dari satelit Republik Indonesia-1 (SATRIA-1).

Lanjutnya: “Belum lama ini kami mendapat permintaan dari pihak berwenang untuk menyediakan akses Internet di lima titik, sekarang pekerjaan itu sudah selesai, dan akhirnya Pak Presiden juga meresmikannya.” Pusat komando di IKN dan salah satu akses Internet untuk backup disediakan oleh BAKTI melalui SATRIA-1.”

BAKTI Dorong Literasi untuk Dukung Pemanfaatan Ekosistem Digital di IKN

Presiden Jokowi Kunjungi Command Center IKN dan Studio Mini TVRI

Lima titik pendukung sambungan yang disediakan BAKTI tersedia di IKN di titik pemukiman pekerja konstruksi, Poros Kebangsaan, Hotel Nusantara, Bendungan Sepaku Semoi dan di PLTS IKN.

Menurut perempuan yang akrab disapa Indeh ini, dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika terhadap komunikasi di IKN sebenarnya hanya bersifat dukungan dan harus berbasis pada instansi pemerintah.

Sebab, IKN dirancang untuk pembangunan yang mengandalkan investasi swasta dan badan usaha milik negara (BUMN).

“Jika IKN memang lebih banyak berinvestasi dalam pembangunan yang dilakukan pihak swasta, maka infrastruktur yang dibangun BAKTI bersifat istimewa. Cadangankata Inde.

Terkait penyediaan konektivitas di IKN, salah satu upaya terbaru yang dilakukan pemerintah adalah dengan melakukan peletakan batu pertama atau (terobosan) untuk pengembangan Kantor Pintar Telkom Di IKN.

Peletakan batu pertama kantor perusahaan telekomunikasi plat merah tersebut dilakukan di hadapan Presiden Joko Widodo pada Jumat (1/3) dan diharapkan dapat mendongkrak konektivitas digital dan memperkuat platform digital di IKN.

Selain itu, pemerintah juga merupakan pusat komando atau Pusat komando Di IKN dengan tujuan utama menjadi titik integrasi dan koordinasi dalam pengembangan IKN.

Command center juga menjadi salah satu infrastruktur utama pendukung smart city Kota Pintar Kepulauan.

OIKN Berharap IKN Smart City Command Center Bisa Dibangun Pada Tahun 2024

Peran Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menyediakan infrastruktur digital yang andal di IKN

Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *