Bagaimana TikTok meningkatkan pemerataan akses bagi UMKM untuk menggunakan layanan tersebut

Teknologi sangat penting untuk membantu usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan

Jakarta (Antara) – TikTok, platform hiburan video pendek, berbagi cerita tentang upayanya untuk meningkatkan pemerataan akses usaha kecil dan menengah dalam menggunakan layanan digital untuk memperluas pasar dan menaikkan kelasnya.

Mulai dari program yang menghubungkan UMKM dengan kreator hingga mengadakan seminar offline, ada berbagai cara yang dilakukan TikTok untuk meningkatkan kapasitas UMKM memasuki ruang digital.

“Teknologi memang penting dalam membantu UKM untuk scale up, tapi kami percaya pemberdayaan UMKM itu perlu. Terutama agar mereka bisa naik kelas dengan memanfaatkan tren.”Toko hiburanPresiden SMB TikTok Indonesia Pandu Nitiseputro mengatakan di Jakarta, Selasa.

Baca Juga: TikTok Store ‘Shopping Mall’ Tawarkan Kemudahan Berbelanja, Dongkrak Performa Brand

Langkah terbaru TikTok adalah dengan TikTok Store Summit 2022 yang akan digelar selama dua hari di Jakarta, 22-23 November di Pacific Place Mall, Jakarta Pusat.

Acara tersebut merupakan seminar pertama bagi UMKM yang bergabung dengan layanan TikTok Store dan terpilih karena kinerja bisnisnya yang terus berkembang.

Dengan adanya TikTok Store Summit 2022, TikTok berharap dapat memberikan ruang bagi para pelaku UMKM dan kreator untuk berbagi ilmu guna mengembangkan bisnisnya.

Selain memperkenalkan program TikTok Shop Summit 2022, TikTok juga memperluas pemerataan akses bagi UMKM dengan menawarkan Multi-Channel Network (MCN) dan TikTok Shop Partners (TSP).

“Untuk MCN, kami menjembatani kesenjangan antara produsen dan UMKM. Sedangkan untuk TSP, kami membuka ruang bagi produsen atau si penjual Untuk mempelajari standar Hidup Apa yang baik itu serupa.

Baca Juga: TikTok Masih Mengerjakan Fitur ‘Live Shopping’ Di AS

Menurut TikTok, kedua aplikasi ini telah memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi UMKM tetapi juga bagi pembuat konten.

Terakhir, ada inisiatif bernama “Maju bersama TikTok”, sebuah program bersama yang melibatkan banyak pemangku kepentingan, terutama pemerintah.

“Kedepannya dengan TikTok, kami bekerja sama dengan banyak instansi pemerintah seperti Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan tujuan lebih memberdayakan UKM di daerah,” kata Pandu.

Melalui inisiatif ini, TikTok menawarkan banyak modul yang dapat diakses pelaku UMKM secara gratis untuk menggunakan layanan digital guna memperluas pasar mereka.

Selain modul ini, pelatihan bagi UMKM dilakukan di kota-kota yang memiliki sentra UMKM untuk menarik pelaku usaha memanfaatkan layanan digital.

Baca Juga: Nilai Idea “Buyable Live Stream” Menjangkau Banyak Calon Pembeli

Baca Juga: TikTok Store Perkenalkan Fitur Baru ‘Shopping Mall’ di Indonesia

Baca Juga: TikTok berencana membangun gudang di AS saat memasuki pasar komersial

Koresponden: Livia Cristianti
Editor: Sorianto
Hak Cipta © ANTARA 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.