Bagaimana cara menghilangkan milia di sekitar mata, apakah bisa digunakan perawatan kulit?

Pernahkah Anda memperhatikan bintik-bintik putih kecil di sekitar mata Anda? Jika ya, kemungkinan besar Anda menderita suatu kondisi yang disebut milia. Milia adalah bintik kecil yang muncul di permukaan kulit dan biasanya terlihat di sekitar mata, pipi, atau hidung.

Meski tidak berbahaya, milia bisa mengganggu penampilan Anda. Tapi jangan khawatir, dalam artikel ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan milia di sekitar mata.


Apa itu milia?

Cara menghilangkan milia/Foto: Freepik

Sebelum membahas cara menghilangkan milia, mari kita cari tahu apa saja penyebab milia. Milia terjadi ketika sel-sel kulit mati terperangkap di bawah permukaan kulit.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti pori-pori tersumbat, kerusakan kulit, atau bahkan paparan sinar matahari berlebihan. Milia biasanya tidak menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, namun kehadirannya membuat frustasi karena sulit dihilangkan.

Bagaimana cara menghilangkan milia

Cara menghilangkan milia/Foto: Freepik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Milia sangat sulit untuk dihilangkan. Bahkan dengan perawatan kulit. Namun, Anda dapat melakukan hal-hal seperti:

Bersihkan area milia

Pastikan Anda selalu membersihkan wajah secara menyeluruh dengan sabun lembut bebas paraben. Setelah dibersihkan, tepuk-tepuk kulit dengan lembut untuk membantunya menyerap lebih cepat.

Mencukur

Pengelupasan kulit secara teratur dapat melindungi kulit dari iritasi penyebab milia. Produk eksfoliasi biasanya mengandung asam salisilat, Asam glikolatDan Asam sitrat.

Pengelupasan kulit wajah

Pengelupasan kulit wajah Seperti eksfoliasi, namun hal ini biasanya dilakukan di klinik kecantikan. Namun cukup rentan bagi wajah yang baru pertama kali melakukan peeling wajah. Pastikan Anda tidak memiliki wajah sensitif.

Gunakan salep retinoid

Salep retinoid mampu mengangkat sel kulit mati karena mengandung vitamin A yang baik untuk kulit. Pastikan penggunaannya hanya di bawah pengawasan dokter.

Bagaimana jika Milia tidak pergi?

Cara menghilangkan milia/Foto: Freepik

Jika milia tidak kunjung hilang atau memburuk, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit. Mereka dapat menawarkan saran dan pengobatan lebih lanjut seperti menghilangkan milia dengan melakukan beberapa hal, seperti:

  • ekstraksi milia, Sayatan kecil menggunakan pisau bedah di atas benjolan untuk menghilangkan penumpukan sel kulit mati.
  • terapi dingin, Menggunakan nitrogen cair pada milia untuk menghilangkan flek pada kulit.
  • Laser, Terapi ablasi laser dilakukan dengan cara mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di bawah kulit.

Ada beberapa cara menghilangkan milia di sekitar mata yang bisa Anda lakukan. Tetap konsultasikan ke dokter untuk mengambil tindakan yang tepat!

Saya ingin menjadi salah satu penyanyi yang dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan Acara Bersemangat di Beautynesia? Mari bergabung dengan komunitas pembaca Beautynesia B- Bangsa. Cara mendaftarnya disini!


(kawat/kawat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *