Bagaimana cara mendetoksifikasi tubuh setelah pesta akhir tahun?

Jakarta (JurnalPagi) – Usai menjalani long weekend dan perayaan tahun baru, saatnya melakukan detoksifikasi tubuh dan mengupayakan awal tahun baru yang sehat.

Setelah berhari-hari mengonsumsi makanan berkalori tinggi, alkohol, dan kurang tidur, tubuh pasti membutuhkan istirahat, peremajaan, dan detoksifikasi. Ini juga saat yang tepat untuk fokus pada strategi kesehatan dan memulai hari Anda dengan olahraga pilihan Anda.

Diposting di Hindustan Times, Senin (1/1), Ahli Gizi Senior, Rumah Sakit CARE, Kota HITEC, Hyderabad Sadya Sana mengatakan memulai detoks dengan mengutamakan hidrasi akan menjadi langkah ideal untuk memulai awal yang sehat.

Perbanyak minum air putih, jus buah atau teh herbal dan minumlah teh herbal yang mempunyai khasiat bermanfaat. Fokus pada pola makan padat nutrisi seperti buah-buahan dan sayuran untuk mengisi kembali vitamin dan mineral penting. Olah raga camilan, seperti jalan kaki atau yoga, untuk merangsang sirkulasi dan mendukung proses detoksifikasi alami tubuh, ujarnya.

Selama fase detoksifikasi, penting untuk menghindari alkohol dan makanan olahan, tambah Sana, karena dapat mengganggu proses detoksifikasi. Pilihlah makanan yang utuh, belum diolah dan mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

Pastikan juga Anda mendapatkan tidur yang cukup, karena istirahat yang cukup sangatlah penting. Untuk pemulihan tubuh secara keseluruhan dan detoksifikasi

Jika Anda berencana melakukan detoks hanya dengan Air yang disuntikkan (Air rendaman buah) Maka sebaiknya dilakukan selama satu atau dua hari dilanjutkan dengan rutinitas normal dan teratur.

Jika Anda akan melakukan detoksifikasi dengan air putih, buah-buahan dan sayur-sayuran, ada baiknya dilakukan selama tiga hari hingga seminggu. Jika Anda ingin menjadikan detoks sebagai rutinitas harian, Anda bisa memulai hari dengan itu Air yang disuntikkan mengandung bumbu atau herba: “Kemudian, dua jam setelah makan siang, tambahkan jus buah.”

Sedangkan jika ingin membalikkan efek alkohol pada tubuh, mulailah dengan banyak minum air putih dalam interval kecil. Ini akan membantu tubuh Anda pulih dari dehidrasi akibat alkohol dan membuat Anda merasa lebih baik lebih cepat.

Riya Desai, ahli gizi di Rumah Sakit Wockhardt, Mira Road, mengatakan alkohol dapat mengganggu keseimbangan elektrolit Anda karena sering buang air kecil karena alkohol bertindak sebagai diuretik, sehingga mengakibatkan banyak kehilangan elektrolit.

Nah, untuk mengembalikan keseimbangan elektrolit tubuh Anda, cobalah minum segelas air kelapa atau minuman energi elektrolit atau segelas air jeruk nipis dengan gula dan garam, yang akan langsung mengisi kembali simpanan elektrolit tubuh Anda.

Karena kita kehilangan banyak elektrolit, tubuh juga kehilangan banyak vitamin, terutama vitamin yang larut dalam air. Oleh karena itu, makanan yang kaya vitamin B dan C bisa sangat membantu. Makan semangkuk campuran buah-buahan segar, sayuran berdaun hijau, salmon, dll dapat membantu.

Vitamin ini membantu proses penyembuhan dan mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan dengan mengurangi peradangan akibat alkohol dalam tubuh.

Selain itu, hindari makan makanan berlemak dan makan karbohidrat untuk meningkatkan kadar gula darah dan mendapatkan energi ekstra dengan air putih.

Jika Anda merasa mual, jahe bisa menenangkan. Teh jahe atau minuman jahe adalah pilihan paling ideal. Jangan mencoba jahe Atau minuman apa pun yang mengandung jahe karena rasanya sangat manis dan mungkin mengandung perasa jahe. Jahe segar adalah jahe terbaik.

Selain minum banyak cairan dan larutan elektrolit, lengkapi pola makan Anda dengan nutrisi seimbang seperti campuran protein telur, salmon atau ayam, karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti panggang atau roti multigrain, millet, nasi merah dan Jadikan sehat lebih baik. Lemak dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

Penerjemah: Fitrah Asy’ari

Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *