jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Floreseditorial.com – Salah satu produk perawatan kulit yang banyak mengandung merkuri adalah produk krim pencerah kulit. Bahan kimia ini banyak digunakan dalam produk-produk tersebut karena kemampuannya menekan produksi melanin, namun sangat beracun bagi kesehatan manusia.

Beberapa merek masih menggunakan bahan-bahan seperti paraben, formaldehida, karbon hitam, yang dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan yang cukup serius seperti kanker, ketidakseimbangan hormon, dan masalah pernapasan.

Merkuri merupakan salah satu zat berbahaya yang banyak digunakan dalam produk pencerah dan anti penuaan kulit ibu. Seperti dilansir Haibunda.com

Review 6 Warna Lipstik Wardah Terbaru 2024 yang Wajib Kamu Coba!

Risiko kesehatan dari penggunaan produk perawatan kulit merkuri

Jika Anda menggunakan krim pencerah kulit, kemungkinan besar Anda terkena zat yang sangat beracun ini.

Dalam kosmetik, kadar merkuri yang tinggi umumnya ditemukan pada produk pemutih dan antipenuaan karena membantu memudarkan flek hitam, noda, kerutan, dan garis halus.

Menurut laporan dari Medical News Today, penggunaan rutin produk perawatan kulit yang mengandung merkuri mengurangi resistensi terhadap infeksi bakteri dan jamur, ruam, perubahan warna kulit, dan jerawat.

Perhiasan Trendi: Pilihan Wanita Perkotaan di Dunia Gelang Emas

Sementara itu, dalam jangka panjang, penggunaan merkuri juga dikaitkan dengan kerusakan mata, gangguan pernapasan, kerusakan sistem saraf, dan penyakit ginjal.

Upaya untuk meningkatkan kesadaran akan perawatan kulit yang mengandung merkuri sangat penting untuk mencegah keracunan merkuri dan dampak negatif terhadap kesehatan.

Daftar kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri

Melansir dari laman Instagram @bpom_ri, berikut beberapa produk kosmetik mengandung merkuri dengan tingkat peredaran tertinggi di Indonesia.

Ini 10 Tips Perawatan Kulit Untuk Kulit Rawan Jerawat, Kulitmu Akan Lebih Halus dan Cerah!