jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Produk perawatan kulit tentunya terbuat dari bahan yang berbeda dengan fungsinya masing-masing. Pada catatan tersebut, penting untuk diperhatikan bahwa ada beberapa bahan perawatan kulit yang tidak bisa dicampur.

Selain menyebabkan iritasi, hal ini membuat penggunaan skin care tidak maksimal. Dilaporkan dari kesehatan sehari-hari Yuk, cari tahu beberapa kandungan bahan perawatan kulit yang dimaksud.

1. Retinoid/retinol dan benzoil peroksida

Retinoid dikenal sebagai senyawa anti penuaan yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan mencegah pori-pori tersumbat. Namun, jika Anda menggunakannya dengan perawatan kulit yang terbuat dari benzoil peroksida, manfaat ini akan hilang.

Karena benzoil peroksida dapat menonaktifkan molekul retinoid. Oleh karena itu, sebaiknya tentukan waktu tersendiri untuk menggunakan perawatan kulit dengan kedua bahan tersebut. Sebagai saran, Anda bisa menggunakan benzoil peroksida pada pagi hari dan retinol pada malam hari.

Kenali 4 Skin Care Dasar yang Bisa Atasi Berbagai Masalah Kulit Wajah

2. Vitamin C dan produk berbahan dasar sabun

Vitamin C adalah salah satu produk yang digunakan di pagi hari. Namun, jika sebelumnya Anda menggunakan produk pembersih berbahan dasar sabun yang memiliki pH tinggi, maka kemampuan kulit untuk menyerap vitamin C akan berkurang.

Ini mungkin tampak cukup mengejutkan. Namun, tentu ada solusi di baliknya. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan pembersih berbasis glikolat atau salisilat di pagi hari sebelum menggunakan produk vitamin C.

3. Retinoid/retinol dan AHA

Retinoid atau retinol dan asam alfa hidroksi (AHA) merupakan senyawa yang memiliki sifat anti penuaan. Hal ini karena senyawa dalam senyawa tersebut dapat mempercepat pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit bercahaya dan bebas dari garis halus.

Namun, kedua bahan ini tidak bisa digunakan bersamaan karena terlihat terlalu banyak dan tentunya tidak enak.

Ini hanya akan menyebabkan iritasi, jadi pilihan terbaik adalah menggunakan salah satu zat tersebut atau Anda dapat menggunakannya secara bergantian di hari yang berbeda.

5 Kesalahan Umum dalam Perawatan Kulit!

4. Retinoid/retinol dan asam salisilat

Jerawat adalah salah satu masalah umum yang dialami banyak orang. Terkait itu, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit berbahan retinoid untuk mengatasinya.

Selain itu, beberapa orang mungkin juga merekomendasikan produk yang dibuat dengan asam salisilat, asam beta hidroksi (BHA) yang dapat bekerja melawan jerawat.

Namun, jangan pernah menggunakan produk dengan kedua bahan tersebut secara bersamaan.

Retinoid dan asam salisilat memiliki manfaat yang sama persis, dan jika Anda menggunakan keduanya hanya akan mengeringkan dan mengiritasi kulit. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan asam salisilat di pagi hari dan retinoid di malam hari.

Ini adalah beberapa kombinasi bahan perawatan kulit yang tidak dapat dicampur dan digunakan secara bersamaan. Ini mungkin berguna.