jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengumumkan berakhirnya siaran digital alias analog-switching (ASO) di wilayah penyiaran Jawa Timur 1 akan berlangsung pada 20 Desember 2022.

Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, melalui pesan singkat mengatakan: Kementerian Komunikasi dan Informatika menyambut baik kesepakatan radio dan televisi untuk menghentikan siaran analog (ASO) pada 20 Desember 2022 pukul 24:00. JurnalPagi, Jumat.

Wilayah siaran Jawa Timur 1 mencakup 10 kabupaten dan kota, yaitu Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kabupaten Bangalan, dan Kabupaten Grisik. Tempat yang juga termasuk wilayah siaran Jawa Timur 1 antara lain Kabupaten Lamongan, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan.

Lima Daerah Siaran Segera Dapatkan Siaran Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika agar masyarakat yang tinggal di daerah tersebut menggunakan perangkat Set Top Box (STB) jika menggunakan TV analog agar dapat menonton siaran TV terestrial digital.

“Kemenkominfo mendorong masyarakat Jawa Timur 1 (daerah penyiaran) yang televisinya masih analog melengkapi STB mulai sekarang siap menikmati siaran TV digital dengan gambar jernih paling lambat 20 Desember 2022. Kata Osman, suara jernih dan teknologi canggih.

Data terakhir Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan penyaluran bantuan set top box untuk keluarga miskin di wilayah siaran Jawa Timur 1 sudah mencapai 100 persen.

Usman mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika menyambut baik komitmen Gabel untuk memastikan ketersediaan set-top box di pasaran dengan harga terjangkau.

ASO juga telah dilakukan di sejumlah wilayah siaran di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Kepulauan Riau pada 2 Desember.

Dari 696 stasiun televisi di seluruh wilayah Indonesia, terdapat 580 stasiun yang menyiarkan secara simulcast atau analog dan digital secara bersamaan.

25 kota dan daerah akan adakan ASO pada 3 Desember, Komnekominfo mengumumkan

Kemenkominfo Tawarkan Situs Cek Bantuan “Stopbox”.

Kemenkominfo jamin ASO Jabar dan Jateng mulai 2 Desember