jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – ASIOP resmi menggandeng klub kasta tertinggi Liga (J-League) Jepang Shonan Belmar dalam mengembangkan dan melatih pemain muda serta meningkatkan kualitas pelatih.

Kedua belah pihak menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan pada Sabtu di Training Ground ASIOP, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Kerja sama dengan Belmar akan berlangsung selama tiga tahun atau hingga 2025, kata Presiden ASIOP Ade Prima Sirif.

“Kerja sama ini mencakup beberapa hal, terutama untuk membantu mahasiswa ASIOP dan anak-anak Indonesia untuk bisa berprestasi di kancah internasional. Karena setelah ini, Shawnan Belmar mengajak anak-anak ASIOP yang berbakat, terutama anak-anak berusia 16-17 tahun.” Jepang dengan Shonan Belmar Club,” kata Ade Prima.

Selain itu, kerjasama ini juga melibatkan para pelatih. Nantinya, beberapa coach ASIOP dikirim ke Jepang untuk menimba ilmu dan pengalaman kepelatihan. Kemudian kami juga mendapat undangan untuk mengikuti Belmar International Cup yang akan diikuti oleh 24 orang. Dia menambahkan: Tim dari 16 negara pada Juni 2023.

ASIOP memberangkatkan lima pemain untuk uji coba dengan klub Spanyol

Berbicara dalam kesempatan tersebut, President ASIOP Ed Wellington mengatakan bahwa kerjasama dengan Shonan Belmar memperluas jaringan kerjasama ASIOP dengan beberapa klub dari sejumlah negara.

Sebelumnya, ASIOP bekerja sama dengan beberapa klub di Spanyol, yakni UD Logrones, CP Villarrobledo, dan CD Polillas Ceuta.

Kemudian ASIOP juga bermitra dengan US Academy, Brooklyn United.

“Kemitraan ini memungkinkan ASIOP membuka lebih banyak tautan untuk kolaborasi dengan pihak eksternal,” ujar Ed Wellington.

Ia mengatakan, “Bahkan Shaunan Bellmer akan menempatkan salah satu pelatihnya di ASIOP untuk berbagi ilmu kepelatihan dengan para pelatih ASIOP. Namun selain itu banyak program yang dapat membantu program dan kemajuan sepak bola ini.”

Sementara itu, direktur teknik Shonan Belmar Kiyoshi Seiguchi berharap kerja sama tersebut dapat semakin memajukan perkembangan sepak bola kedua klub.

“Seperti ASIOP Academy, Shunan Belmar berkomitmen untuk pengembangan pemain muda. Belmar Academy memiliki 1.700 pemain di bawah usia 12 tahun dan 250 pemain di bawah usia 13-18 tahun. Kami berharap kemitraan ini akan mengarah pada pengembangan lebih lanjut. Dua klub ,” kata Kiyoshi.

ASIOP Siap Berlaga di Tingkat Internasional Usai Kuasai Lahan FIFA

“Secara khusus, mulai tahun depan atau 2023, kami berencana mengirimkan pemain ASIOP ke Jepang untuk latihan jangka pendek dan mengikuti Belmar International Cup U-11 yang akan diadakan di Jepang pada bulan Juni. pembukaan. Bola sekolah sepak bola dengan ASIOP dan Bellmare di Jakarta.”

Shonan Belmar adalah klub anggota J-League dan salah satu klub top J1.

Shonan Belmer memenangkan Piala Kaisar pada tahun 1994 dan menjadi Juara Asia di Piala Winners Asia pada tahun 1996.

Belmer juga menjuarai Piala J-League pada 2018 dan dinobatkan sebagai Klub Akademi J-League terbaik 2021 oleh JFA.

Wataru Endo yang memperkuat timnas Jepang untuk Piala Dunia 2022 di Qatar merupakan pemain dari Shonan Belmar Academy.

Selain itu, Shoto Machino, striker Belmare yang memperkuat Jepang di Piala Dunia 2022.

Timnas Jepang sendiri berhasil membuat kejutan di Piala Dunia 2022.

Tim Samurai Biru berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Jerman dan Spanyol.

Sayangnya, negara yang menduduki peringkat ke-24 FIFA ini harus tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah kalah dari Kroasia dalam adu penalti.

Pengkhotbah: Mohammad Ramadhan
Editor: Teguh Handoko