Asal jangan tertukar, berikut 9 bahan perawatan kulit yang aman digunakan bersamaan

Jakarta, KOMPAS.TV- produk perawatan wajahperawatan kulit) merupakan rangkaian produk yang digunakan untuk merawat kesehatan dan penampilan kulit wajah.

Produk kecantikan ini memiliki fungsi yang beragam, mulai dari membersihkan kulit, melembabkan kulit, melindungi kulit dari sinar matahari hingga mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat.

umumnya, perawatan kulit Mengandung bahan aktif untuk memberikan hasil maksimal. Harap diingat, tidak semua bahan dalam perawatan kulit bisa digunakan secara bersamaan.

Apalagi keduanya memiliki kelebihan yang tidak sesuai dengan kebutuhan wajah. Jika Anda salah mencampur produk perawatan kulitkulit mungkin teriritasi.

Temui Ceramide, Bahan Perawatan Kulit Populer Dengan 5 Manfaat Kulit

Dikutip dari halaman Berita medis hari inikonten berikut perawatan kulit yang aman untuk digunakan secara bersamaan.

1.AHA dan BHA

isi perawatan kulit Yang aman digunakan bersamaan adalah AHA dan BHA. Kedua bahan aktif ini berfungsi membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati.

AHA (Asam alfa hidroksi) berfungsi mengangkat sel kulit mati, mengobati jerawat, menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan warna kulit wajah. Sedangkan BHA (Asam beta hidroksi) berfungsi membersihkan kulit mati dan mengurangi sebum pada wajah, serta mengeringkan jerawat.

Meski sama-sama bahan aktif eksfoliasi, AHA dan BHA tetap aman digunakan bersamaan. Perpaduan kedua zat ini ampuh mengatasi masalah kulit kusam, bertekstur, dan tidak rata.

2. Retinol dan asam hialuronat

Retinol dan asam hialuronat adalah kombinasi yang bagus untuk merawat kulit kering dan bertekstur. Kandungan asam hialuronat yang mampu meningkatkan permeabilitas retinol membuat kombinasi bahan ini efektif melembapkan sekaligus mengatasi masalah kulit kering dan tekstur.

Retinol bermanfaat untuk mengatasi jerawat, menyamarkan bekas luka, dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti flek hitam dan garis halus. Sedangkan hyaluronic acid diketahui dapat menghidrasi kulit wajah sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembut.

3. Vitamin C, vitamin E dan asam ferulat

Kombinasi vitamin C, vitamin E, dan asam ferulic diketahui dapat melindungi kulit wajah secara optimal. Vitamin C dan Vitamin E dapat menerima antioksidan dua kali lebih banyak sehingga kulit tidak mudah rusak akibat sinar UV dan radikal bebas.

Sedangkan asam ferulat memiliki sifat anti penuaan untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini.

4. Asam salisilat dan niacinamide

Kandungan asam salisilatnya sangat bagus untuk meredakan jerawat yang meradang, kemerahan, dan mengontrol produksi sebum berlebih. Untuk hasil yang maksimal, bahan ini bisa digunakan bersamaan dengan niacinamide.

Niacinamide fokus mencerahkan dan melembabkan wajah. Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat sangat dianjurkan untuk digunakan bersamaan dengan niacinamide.

5. Niacinamide dan alpha arbutin

Kandungan niacinamide dan alpha-arbutin fokus mencerahkan wajah. Bila kedua zat ini digunakan secara bersamaan, akan mempercepat hilangnya bekas jerawat dan flek hitam.

6. AHA/BHA dengan ceramide dan asam hialuronat

AHA/BHA merupakan kandungan asam yang bermanfaat untuk eksfoliasi kulit. Namun biasanya kandungan seperti ini dapat menyebabkan kekeringan bahkan iritasi pada kulit.

Oleh karena itu penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung AHA/BHA sebaiknya dikombinasikan dengan produk perawatan kulit yang mengandung bahan pelembab seperti ceramide, petrolatum, hyaluronic acid dan gliserin.

Simak Manfaat 8 Bahan Perawatan Kulit yang Aman untuk Ibu Hamil

7. Vitamin C dan Vitamin E

Sebagai antioksidan, vitamin C dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV dan polusi yang dapat menyebabkan flek hitam. Biasanya vitamin C bisa dikombinasikan dengan vitamin E.

Vitamin E membantu meningkatkan produksi kolagen pada wajah dan mampu melindungi kulit dari radikal bebas.

8. Retinol dan niacinamide

Retinol merupakan salah satu bahan perawatan kulit yang memiliki fungsi utama sebagai anti penuaan. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, menghilangkan jerawat dan mencegah penuaan kulit.

Retinol sangat bagus untuk digunakan dengan niacinamide. Kandungan retinol dan niacinamide yang digunakan secara bersamaan dapat membantu melembabkan kulit, memudarkan flek hitam, meningkatkan elastisitas wajah, dan memperkuat skin barier sehingga kulit wajah tampak sehat dan berseri.

9. Asam glikolat dan asam hialuronat

Glycolic acid atau asam glikolat merupakan exfoliant yang ringan sehingga efektif mengangkat sel kulit mati tanpa merusak lapisan pelindung kulit. Faktanya, kandungan tersebut mampu menjaga pH kulit wajah yang cenderung sedikit asam.

Setelah dikupas, Anda bisa menggunakan asam hialuronat yang memiliki formula melembapkan. Kandungan asam hialuronat juga dapat membantu regenerasi sel-sel lemak pada pelindung kulit untuk melindungi kulit secara optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *