jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Arsenal berhasil bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan West Ham United 3-1 pada laga Boxing Day Liga Inggris di Emirates Stadium, London, Selasa dini hari WIB.

West Ham unggul lebih dulu melalui penalti Siad Benrahma, sebelum Arsenal membalas dan membalikkan keadaan dengan tiga gol dari Bokaio Saka, Gabriel Martinelli dan Eddie Neketia.

Menurut situs resmi Liga Inggris, kemenangan ini mengamankan posisi Arsenal di puncak klasemen dengan raihan 40 poin dari 15 pertandingan. Sementara itu, West Ham berada di peringkat ke-16 dengan raihan 14 poin dari 16 pertandingan.

Arsenal kokoh di puncak klasemen Liga Inggris hingga Piala Dunia berakhir

Peluang pertama Arsenal tercipta pada menit ke-13. Granit Xhaka melepaskan tembakan jarak jauh ke sudut kiri, namun kiper West Ham Lukasz Fabianski masih bisa memprediksinya.

Sang tamu mengancam permainan di menit ke-21. Saeed Benrahma juga mencetak gol tendangannya dari luar kotak penalti, namun Aaron Ramsdale, kiper Arsenal, diblok dengan tembakan yang masuk ke gawang Arsenal.

West Ham memimpin pada menit ke-27 melalui tendangan penalti. William Lilina mengotori Jerrod Bowen di area penalti.

Benrahma, yang memimpin serangan, mampu melewati Ramsdale dan babak pertama berakhir 1-0.

Usai turun minum, Arsenal bangkit dan berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-53. Martin Odegaard melepaskan tembakan, namun bola mengarah ke Bokaio Saka yang lolos dari jebakan offside di area penalti.

Saka kemudian mengecoh Fabianski dan menyundul bola ke sisi kiri gawang. Posisi 1-1.

Gol ini menambah motivasi Arsenal untuk mengubah keadaan.

Arteta ingin Arsenal melanjutkan performa bagus usai jeda Piala Dunia
Arteta: Kemenangan melawan Chelsea mendongkrak kepercayaan diri Arsenal

The Gunners mencetak gol keduanya pada menit ke-58. Xhaka mengoper ke Gabriel Martinelli di dalam kotak, penyerang Brasil itu kemudian melepaskan tembakan kaki kiri rendah ke sudut kiri. Arsenal menang 2-1.

Arsenal menyelesaikan comeback mereka dengan gol ketiga mereka di menit ke-69. Lewat sebuah serangan, Odegaard melepaskan umpan kepada Eddy Nketiah yang berada di kotak penalti.

Meski sempat ditepis Tilo Kerr, Nketiah berhasil melewati bek dan melepaskan tembakan kaki kanan ke pojok kiri gawang Fabianski. Hasilnya adalah 3-1.

Tidak ada gol tambahan yang dicetak oleh kedua tim hingga akhir pertandingan. Arsenal berhasil mendapatkan tiga poin penting di kandang sendiri.

Koresponden: Hendry Sukma Indravan
Editor: Teguh Handoko