Arif Vikasono siap memperebutkan jabatan Ketua Umum PSSI melawan rival tangguh.

Jakarta (JurnalPagi) – Calon Ketua Umum PSSI 2023-2027 Arif Putra Wicaksono siap bersaing dengan kompetitor tangguh untuk menjadi orang nomor satu di PSSI.

“Kalau lawan, mungkin saya bandingkan bukan “apel dengan apel”, tapi “apel dengan kurma”. Ini terlalu jauh, maksudnya. program yang saya miliki karena hidup saya adalah sepak bola.”

Pria yang merupakan CEO organisasi pemasaran event olahraga Nine Sport Inc ini yakin pemilih PSSI akan menyamai keinginannya untuk memajukan sepak bola Indonesia.

Aref menilai: Sepak bola nasional harus dikelola dengan baik agar menjadi industri besar.

Lanjutnya, Indonesia memiliki sekitar 170 juta suporter sepakbola yang potensinya belum dimanfaatkan secara maksimal.

Aref berkata: “Ada ‘missing link’ di sana. Fansnya jutaan, tapi kalau tidak punya uang, percuma. Jadi harus ‘disiram’ dulu supaya lapisan bawah piramida naik .”

Sebagai solusinya, jika Arif terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, ia akan membuat program pemberdayaan pecinta sepak bola di level akar rumput melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Aref Vikasono: Sepak Bola Indonesia Butuh Kemakmuran, Bukan Angka

KUR ini dijalankan melalui koperasi yang harus dimiliki semua klub. Sehingga sponsor yang bergabung menjadi anggota koperasi bisa mendapatkan dana segar untuk memulai usaha.

“Misalnya, sebuah klub bisa mengumpulkan 100.000 penggemar dalam koperasi, di mana setiap orang menerima 50 juta dolar, maka KUR dapat membagikan 5 triliun dolar. Para penggemar juga memiliki daya beli, klub menghasilkan” Pada akhirnya bukan hanya sepak bola, bola saja yang maju, begitu juga ekonomi Indonesia.”

Arif Wicaksono merupakan salah satu calon Presidensi Umum PSSI 2023-2023 bersama LaNyalla Mattalitti, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemy Francis.

Perebutan kursi Ketua Umum PSSI saat ini diyakini akan sulit karena kehadiran LaNyalla dan Erick Thohir di sana. LaNyalla adalah presiden jenderal PSSI pada 2015, yang kini menjadi presiden Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Indonesia.

Sementara itu, Eric Tohir yang juga Menteri BUMN, meski baru saja ikut memperebutkan kursi presiden PSSI, merupakan nama besar di kancah sepak bola nasional dan internasional. Eric yang memiliki saham di beberapa klub Indonesia ini pernah memiliki raksasa Italia Inter Milan dan klub Amerika DC United.

Selain angka Ketua Umum, ada 20 calon Wakil Ketua dan 83 calon anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI 2023-2027.

PSSI mencalonkan total 11 anggota KP dan KBP dalam kongres reguler 2023.

Wajah Baru Calon Ketua, Waketum, dan Anggota Baru Exco PSSI

Batas waktu penyerahan berkas pendaftaran untuk bersaing menjadi PSSI Exco berakhir pada Senin (16/1) pukul 18.00 WIB.

Saat ini Panitia Pemilihan PSSI (KP) sedang mengkaji persyaratan administrasi bakal calon.

Pada tanggal 19-21 Januari 2023, seluruh pemohon dapat melengkapi dokumennya ke KP. Kemudian, pada 31 Januari 2023, KP akan mengumumkan daftar calon Pengurus Besar PSSI.

Selain itu, pada 1-3 Februari 2023, bakal calon dan anggota pendukung PSSI yang dinyatakan gugur sebagai calon sementara dapat mengajukan permohonan dan banding ke Panitia Banding Pemilu (KBP) PSSI.

Setelah proses selesai, KBP akan mengumumkan daftar final calon Komite Eksekutif PSSI pada 6 Februari 2023. Calon tetap ini akan mengikuti Kongres Pemilu Luar Biasa PSSI pada 16 Februari 2023.

CEO PSIS: Nominasi Eric Tohir dan La Nyala membingungkan ‘pemilih’

Pengkhotbah: Michael Sihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *