Arab Saudi tengah mempopulerkan tempat wisata negaranya ke Indonesia

Jakarta (JurnalPagi) – Organisasi Pariwisata Arab Saudi (Organisasi Pariwisata Saudi/STA) mempopulerkan daya tarik wisata di Arab Saudi saat berpameran ke Indonesia di ajang Asosiasi Agen Perjalanan Indonesia (Astindo) bertajuk “Astindo Travel Expo 2024” di Tangerang, Banten, Kamis (29/2) hingga Minggu. (3/3) berhasil ).

“Arab Saudi menawarkan pengalaman wisata yang beragam untuk memenuhi preferensi setiap wisatawan Indonesia, mulai dari 10.000 situs arkeologi, tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO, dan destinasi wisata. kemewahanHingga Grand Prix Arab Saudi 2024 yang akan digelar musim dingin ini, tulis Shazlin Ahmed, perwakilan Saudi Tourism Organization, dalam siaran pers yang dikutip di Jakarta, Kamis.

Pada tahun 2023, Arab Saudi akan memiliki lebih dari 100 juta kunjungan wisatawan global. Angka tersebut meningkat 156 persen dibandingkan tahun 2019, saat program “Visit Saudi 2030” dimulai. Seperti dilansir Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) dalam laporan Barometer 2024, Arab Saudi juga diakui sebagai salah satu tujuan pariwisata dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Jalan-jalan ke Luar Negeri Makin Populer

Untuk berkunjung ke Arab Saudi bagi masyarakat Indonesia, permohonannya tidak hanya untuk visa umrah saja, namun juga untuk visa liburan, transit atau visa on Arrival.

Pemegang paspor Indonesia pemegang visa UK atau Schengen juga berhak mendapatkan ‘Visa on Arrival’ atau ‘Visa on Arrival’ di Arab Saudi.

Selain itu, visa transit 96 jam yang baru diluncurkan memungkinkan pengunjung yang bepergian dengan Saudi Arabian Airlines dan Felinas untuk menikmati Arab Saudi hingga 96 jam sebelum melanjutkan perjalanan.

Warga Indonesia dapat mengajukan visa umrah melalui agen perjalanan umrah yang terakreditasi di Indonesia atau mengajukan visa liburan melalui kantor Visa Facilitation Service (VFS) Tasheer di Indonesia. Visa ini berlaku selama 90 hari dan wisatawan dengan salah satu visa ini (visa liburan atau visa umrah) dapat mengunjungi seluruh Arab Saudi, tidak hanya Jeddah, Mekkah, dan Madinah.

Selain itu, sektor penerbangan Arab Saudi berperan sebagai pemain kunci dan pintu gerbang untuk mengetahui kekayaan budaya negaranya. Kapasitas maskapai penerbangan, khususnya tiga maskapai besar – Saudi, Line Air, dan Garuda Indonesia – meningkat lebih dari 20% dari tahun 2019 hingga 2023. Frekuensi penerbangan akan ditingkatkan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat.

Ingin Berhemat Saat Liburan ke Luar Negeri? Begini caranya

Arab Saudi menawarkan beragam pengalaman wisata untuk memenuhi preferensi setiap wisatawan Indonesia, baik budaya, sejarah, petualangan maupun alam, antara lain:

Pertama, tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO, Arab Saudi memiliki lebih dari 10.000 situs arkeologi dan tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO – Arooq Bani Maarid (2023). Zona Budaya Hama (2021); Oasis Al-Ahsa (2018); Seni cadas di wilayah Hail (2015); Jeddah yang bersejarah, Gerbang Mekah (2014); Wilayah Al-Tarif di Deiryeh (2010); Situs Kuno Hegra (Al Hajr / Mada Dar Saleh) (2008) – Atraksi menawan ini dipilih karena Nilai Dunia yang Luar Biasa, Makna Budaya, dan Keindahan Alamnya.

Kedua, destinasi wisata mewah – “Laut Merah”, pelopor destinasi wisata “mewah” dengan kawasan relaksasi spektakuler berupa resor kelas satu bagi wisatawan untuk menikmati kemewahan, eksklusivitas, dan pengalaman unik dalam lingkungan keindahan yang memukau. Tahap pertama pembukaan destinasi wisata “Mewah” termasuk “St. Regis Red Sea Resort” dan “Six Senses Southern Sand Dunes” telah dimulai.

Ketiga, destinasi wisata musim dingin, Arab Saudi berkembang pesat menjadi destinasi wisata musim dingin yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan 17.000 acara pada musim dingin ini, mulai dari Formula 1 Saudi Grand Prix hingga FEI World Cup Equestrian Festival dan Alola Sky Festival. .

Musisi asal Arab Saudi menghibur pengunjung travel fair Astindo 2024 dengan bermain ganoon di Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024). JurnalPagi/HO-humas Organisasi Pariwisata Arab Saudi

Ingin Liburan ke Luar Negeri, Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

Koresponden: Abdo Faisal
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *