APSI: Registrasi IMEI yang efektif untuk mencegah ponsel ilegal

JAKARTA (JurnalPagi) – Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) menilai aturan International Mobile Equipment Registration (IMEI) sangat efektif mencegah peredaran ponsel ilegal.

“Hampir 100 persen bisa dicegah,” kata Saiful Hayat, Kepala Hubungan Pemerintahan APSI di Jakarta, Rabu.

Menurut perhitungan APSI, sekitar 600.000 unit ponsel beredar di pasar gelap (pasar gelap) masuk ke Indonesia setiap bulan sebelum peraturan registrasi IMEI ada. APSI juga menemukan bahwa kasus penegakan perangkat seluler ilegal telah menurun.

Pada 2019, menurut data mereka, 514 tindakan terhadap perangkat seluler adalah ilegal. Sedangkan pada tahun 2020-2022 baru dilakukan 361 tindakan setelah regulasi registrasi IMEI. Dampak penurunan penjualan ponsel ilegal juga dirasakan pada penjualan di pasar digital, namun APSI tidak merinci sejauh mana penurunan tersebut.

Berdasarkan laporan yang mereka terima mengenai keterbatasan regulasi IMEI, APSI melihat masih ada pihak yang memanfaatkan kelemahan tersebut, namun jumlahnya masih relatif kecil.

Salah satu kasus yang mereka temui adalah pendaftaran IMEI perangkat dari jalur turis asing. Melalui jalur pendaftaran turis asing, IMEI ponsel didaftarkan selama tiga bulan, setelah itu tidak dapat lagi terhubung ke sinyal ponsel.

Dengan undang-undang IMEI, nomor ponsel dengan IMEI yang ilegal di Indonesia tidak dapat terhubung ke sinyal ponsel atau diblokir.

“Kalau masih menggunakan kelemahan itu pasti tidak permanen, suatu saat nanti ponsel Anda akan diblokir,” kata Siful.

Oleh karena itu, APSI menilai masih perlu adanya edukasi kepada masyarakat tentang aturan registrasi IMEI dan ponsel resmi agar masyarakat tidak mudah terjerumus pada ponsel yang dijual dengan harga lebih murah.

Pemerintah menerapkan peraturan pendaftaran IMEI pada tahun 2020 untuk menciptakan industri yang sehat di dalam negeri dan melindungi orang dari perangkat ilegal.

Pendaftaran IMEI juga berpotensi meningkatkan penerimaan negara hingga Rp 2,8 triliun.

Regulasi Registrasi IMEI Akan Menyelamatkan Industri Seluler

Trik! 500 ribu rupiah untuk aktivasi hadiah ponsel IMEI

Bea Cukai Memudahkan Daftar Pembelian IMEI HP di Luar Negeri

Diedit oleh: Aida Nurjahani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.