jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Apple resmi mengumumkan kehadiran iOS 18 di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, menyempurnakan berbagai fitur pada iPhone.

Pertama adalah Apple Intelligence, yaitu kecerdasan buatan (AI) milik perusahaan yang tersedia untuk perangkat yang dilengkapi chip A17 dan semua seri chip M.

Alat AI ini membantu mengatur notifikasi, menulis ulang teks, mengoreksi, dan meringkas teks. Aplikasi Mail juga mendapatkan saran balasan cerdas dan kemampuan untuk menampilkan email prioritas di bagian atas kotak masuk.

Apple menekankan bahwa AI mereka “berdasarkan informasi dan konteks pribadi Anda” dan dapat menunjukkan apa yang dilihat pengguna di layar. Namun AI Apple menghadirkan “privasi yang kuat” berkat pemrosesan di perangkat. Artinya AI mengetahui informasi pribadi pengguna tetapi tidak mengumpulkan datanya.

Kecerdasan buatan Apple juga memungkinkan pengguna membuat gambar percakapan berdasarkan foto profil teman. Sketsa, gambar, dan animasi adalah tiga gaya di mana pengguna dapat membuat gambar menggunakan Image Playground Apple, yang disertakan dalam banyak aplikasi bawaan, namun juga tersedia sebagai alat mandiri. Setiap gambar dibuat di perangkat.

Lalu ada “Genmoji” yang merupakan emoji yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan. Pengguna dapat membuat genmoji berdasarkan gambar seseorang, dan kecerdasan buatan memungkinkan pencarian gambar dan video menggunakan bahasa alami.

Ada juga Pembersih AI Apple Clean Up, yang membantu pengguna menghapus orang dan objek yang tidak diinginkan dari foto.

Memories memungkinkan pengguna membuat cerita video dengan mengetikkan deskripsi. Alat ini menggunakan pengenalan bahasa dan gambar untuk memilih foto dan video terbaik berdasarkan deskripsi dan bahkan menyarankan lagu yang sesuai.

Pengguna juga dapat merekam, menyalin, dan meringkas audio di aplikasi Catatan dan Telepon. Jika pengguna merekam panggilan telepon, peserta akan diberitahu dan pengguna akan menerima ringkasan setelah selesai.

Apple Intelligence menggunakan model bahasa dan difusi yang besar. Private Cloud Compute memungkinkan Anda menggunakan model berbasis server untuk kueri yang lebih kompleks. Server ini memberikan privasi dan keamanan iPhone karena tidak pernah menyimpan data pengguna.

Peningkatan besar terjadi pada Siri. Asisten memiliki tampilan baru dan dapat memahami bahasa alami dengan lebih baik. Siri juga mengingat konteks percakapan dan kini pengguna dapat mengetiknya. Pengguna juga dapat bertanya tentang fitur iOS.

Selama “tahun depan” Siri akan sadar layar dan pengguna akan dapat menggunakannya untuk meluncurkan aplikasi.

Kesepakatan Apple dengan OpenAI juga nyata, sehingga pengguna kini mendapatkan ChatGPT di iOS 18, dapat diakses melalui Siri. ChatGPT juga terintegrasi ke dalam alat pembuat sistem.

ChatGPT akan hadir “akhir tahun ini”, jadi mungkin tidak tersedia saat peluncuran, atau setidaknya saat iOS 18 beta pertama dirilis.

iOS 18 juga memiliki lebih banyak fitur penyesuaian dibandingkan sebelumnya. Pengguna dapat menyesuaikan lebih lanjut layar beranda, termasuk menempatkan berbagai hal dalam kotak dalam urutan apa pun, mengubah warna ikon aplikasi untuk melengkapi wallpaper, dan Pusat Kontrol kini lebih dapat disesuaikan.

Apple dikabarkan akan memperkenalkan Apple Intelligence di WWDC 2024

Apple dan OpenAI rupanya sepakat menghadirkan ChatGPT ke iOS 18

Pengguna kini dapat mengunci aplikasi agar tidak dilihat oleh orang yang tidak ingin mereka lihat, dan Anda dapat memilih kontak mana yang dilihat aplikasi sehingga mereka tidak perlu mengakses semua kontak Anda saat Anda berbagi iPhone dengan mereka.

Aplikasi Kata Sandi baru adalah tempat pengguna memiliki akses ke kata sandi, serta kunci sandi, kata sandi Wi-Fi, dan kode verifikasi, semuanya di satu tempat.

Program ini memperingatkan pengguna tentang kelemahan umum seperti kata sandi yang mudah ditebak atau digunakan berkali-kali, serta kata sandi yang muncul dalam kebocoran data yang diketahui.

Pesan akan menerima balasan dengan emoji atau stiker apa pun. Ini juga mendukung pesan terjadwal, serta pemformatan teks dengan huruf tebal, garis bawah, dan miring, serta efek seperti getar, getar, dan pentalan.

Perusahaan juga telah mengonfirmasi bahwa dukungan untuk Rich Communication Service (RCS) akan disertakan di iOS 18.

Aplikasi Mail dikelompokkan ke dalam perangkat dengan kategori dasar dan transaksional. Ada juga “ringkasan” dari setiap kategori untuk membaca cepat.

Maps memiliki peta topografi baru dengan jalur pendakian yang dapat diakses secara offline.

Majalah mendapat tampilan Wawasan dan pengguna dapat mencari entri sebelumnya. Mode Game hadir di iOS, meminimalkan aktivitas latar belakang selama sesi permainan dan secara signifikan meningkatkan respons dengan pengontrol game dan AirPods.

Foto mendapatkan desain ulang yang menurut Apple merupakan yang terbesar. Sekarang aplikasi akan terbuka sebagai kotak dengan perpustakaan di bagian bawah. Pengguna mendapatkan “koleksi” untuk hal-hal seperti manusia dan hewan peliharaan, dan pengguna dapat memfilter hal-hal seperti tangkapan layar. Aplikasi ini juga mengurutkan gambar berdasarkan wajah untuk akses cepat ke foto teman dan keluarga.

iOS 18 akan tersedia sebagai beta publik pada bulan Juli dan akan dirilis ke publik pada musim gugur. Versi beta pengembang kini tersedia bagi mereka yang ingin menguji aplikasi mereka di platform baru ini. Artikel ini dikutip dari GSM Arena, Senin (10/6).

Emoji AI dan fitur penyesuaian aplikasi dilaporkan hadir di iOS 18

Apple diperkirakan akan mengubah desain aplikasinya untuk iOS 18

Apple Berbicara Dengan OpenAI-Google Tentang AI di iOS 18

Penerjemah: Fetor Rochman
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024