Apakah remaja pra remaja perlu menggunakan perawatan kulit? Inilah jawabannya!

Apakah remaja pra remaja perlu menggunakan perawatan kulit? Inilah jawabannya! Foto: Andrey Sayfutdinov/Shutterstock
Anak-anak, terutama yang sedang pubertas atau Sebelum masa remaja Ia akan mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya. Perubahan ini juga termasuk di dalamnya Kulitwajah dan rambut.

Oleh karena itu, tidak jarang anak pra remaja mengeluhkan permasalahan kulit seperti jerawat dan minyak berlebih. Keadaan ini dapat membuat anak tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya dirinya.

Untuk mengatasi permasalahan kulit yang Anda alami, Anda mungkin berpikir untuk mulai memberikan produk perawatan wajah. Mulai dari sabun, pembersih wajah, tabir surya, pelembap, dan lain-lain.

Lantas, pada usia berapa sebenarnya Anda sudah bisa dikenalkan dengan perawatan kulit? Dan bolehkah remaja praremaja menggunakan produk perawatan wajah tersebut?

Usia yang tepat untuk mengenalkan anak pada perawatan kulit

Nah Moms, banyak ahli seperti dokter kulit dan ahli kecantikan sepakat bahwa semakin muda Anda mulai menggunakan produk perawatan kulit, semakin besar peluang Anda untuk mendukung kesehatan kulit seumur hidup.

Menurut Skin Station UK, beberapa ahli mengatakan bahwa anak perempuan dapat memulai rutinitas sejak usia 12 tahun. Atau mungkin 1-2 tahun lebih tua, Bu!

Gambaran perawatan kulit yang hemat Foto: Shutterstock

Meski demikian, perawatan kulit tidak boleh dilakukan sembarangan. Menurut dokter kulit yang berbasis di New York, Dr. Jessica Weiser Rutinitas perawatan kulit untuk anak puber sebenarnya cukup sederhana.

“Rutin [skincare] “Barang yang bagus untuk remaja pra-remaja biasanya mencakup pembersih wajah yang lembut, pelembab yang lembut, dan tabir surya,” kata Wieser, menurut CNN.

“Pembersih, pelembap bebas minyak, lip balm, dan tabir surya dengan SPF. Itu saja yang mereka butuhkan,” tambah dokter kulit tersebut. Marnie Nussbaum dikutip TODAY.

Jika anak berusia 12 tahun atau memiliki kulit yang rentan berjerawat, dokter kulit akan menambahkan pembersih dan produk topikal lainnya.

Secara umum, produk yang digunakan fokus menghilangkan keringat dan penumpukan minyak di siang hari, membersihkan wajah dengan pembersih di malam hari, dan melembabkan kulit untuk menutrisinya.

Dokter juga memperingatkan bahwa produk perawatan kulit anak tidak boleh mengandung asam eksfoliasi, vitamin C, dan retinol. Pasalnya kedua zat tersebut bisa sangat mengiritasi kulit anak. Maka sebaiknya gunakan produk yang hipoalergenik dan nonkomedogenik.

“Pelindung kulit pada usia 9 tahun bukanlah pelindung kulit yang terbentuk sempurna. Kolagen dan elastin kuat pada kulit anak-anak, sehingga mereka tidak membutuhkan hal-hal tersebut,” jelas Weiser.

Tips dari Dr. Weiser Cara termudah untuk mengetahui apakah produk perawatan kulit yang Anda gunakan terlalu berat: Carilah kata-kata seperti antipenuaan, pengencangan, pengurangan kerut, pencerah, dan pengencangan. Umumnya klaim tersebut menunjukkan adanya bahan aktif yang tidak ditujukan untuk anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *