jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Awak kabin selalu menyarankan agar ponsel Anda dialihkan ke mode pesawat sebelum lepas landas, namun apakah Anda tetap perlu tetap menggunakan ponsel dalam mode pesawat selama penerbangan?

Gizmodo melaporkan Senin (26/2) bahwa Uni Eropa akan mengizinkan panggilan telepon dan penggunaan data pada penerbangan pada tahun 2022. Otoritas penerbangan Eropa mewajibkan semua pesawat memasang “picocell”, yang pada dasarnya merupakan pengatur lalu lintas yang memastikan sinyal telepon. Jangan mengganggu sistem komunikasi pesawat.

Namun, “picocell” bukanlah hal baru karena telah ada selama lebih dari dua dekade. Aturan untuk mengaktifkan mode pesawat selama penerbangan setidaknya dimulai pada tahun 1991 karena sinyal seluler dianggap mengganggu sinyal komunikasi pesawat.

Kemenhub: Keselamatan penerbangan harus diperhatikan jelang libur panjang

Bahkan tanpa picocell, anggota Badan Penerbangan Federal AS (FAA) Nicholas Sabatini bersaksi di depan Kongres pada tahun 2005 bahwa penggunaan telepon seluler di pesawat tidak lagi menjadi masalah karena adanya picocell.

 

“Seiring kemajuan teknologi telepon seluler sejak tahun 1991, peraturan yang melarang penggunaan telepon seluler 800 MHz dalam penerbangan mungkin tidak diperlukan untuk melindungi jaringan telepon seluler terestrial atau darat,” kata Sabatini.

Undang-undang penerbangan di Amerika mengharuskan setiap penumpang untuk mengikuti instruksi awak pesawat, termasuk mengaktifkan “mode pesawat” selama penerbangan, jika tidak ingin didenda atau dipenjara karena tidak melakukannya.

Salah satu alasan penumpang harus mengaktifkan mode pesawat selama penerbangan adalah karena khawatir air kemarahan Kemarahan terhadap awak pesawat atau penumpang Anggota parlemen masih melarang telepon seluler karena mereka berpikir orang-orang tidak akan menggunakan telepon mereka selama penerbangan untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan air kemarahan.

air kemarahan Ini adalah masalah besar di AS dan semakin parah. FAA melaporkan lebih dari 10.000 penumpang tidak mematuhi aturan pada 2021-2023. Angka tersebut meningkat sekitar 300% dari tahun 2018 hingga tahun 2020.

Alasan mengapa air rage menciptakan aturan mode pesawat masih berlaku hingga saat ini. Ponsel dalam mode pesawat kini menjadi soal kesopanan di muka umum, bukan sekadar keselamatan.

Maskapai penerbangan Israel menghentikan penerbangannya ke Afrika Selatan

KKB menembak jatuh pesawat Wing Air saat mendarat di Dhaka

Air Asia jelaskan soal kejadian roda pesawat keluar dari taxiway di Labuan Bajo.

Penerjemah: Abdo Faisal
Editor: Natisha Andarningtias
Hak Cipta © JurnalPagi 2024