jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

Jakarta, Jurnalpagi – Apa itu asuransi digital? Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh nasabah asuransi pada umumnya.

Padahal, asuransi digital merupakan produk asuransi yang bisa dibeli secara online. Perlu diketahui, saat ini tidak hanya broker atau agen asuransi online yang menjual berbagai produk asuransi digital karena polis asuransi online juga tersedia.

Artinya, kini calon nasabah bisa dengan mudah mendapatkan asuransi secara online. Nah, untuk detail sekaligus rekomendasi produknya, simak ulasannya di bawah ini, dikutip dari Lifepal.

Baca juga: Seberapa penting asuransi mobil bekas? Lihatlah pro dan kontra

Apa itu Tinjauan Asuransi Digital?

Asuransi digital adalah produk asuransi yang bisa Anda dapatkan secara online, sehingga terkadang disebut asuransi online.

Produk ini bisa Anda dapatkan dengan membeli polis asuransi digital melalui website resmi, aplikasi perusahaan, dan pasar asuransi online.

Polis yang Anda terima akan berbentuk digital, yang dapat Anda akses melalui perangkat elektronik yang dapat terhubung dengan internet, seperti ponsel dan laptop.

Tidak hanya polis asuransi, Anda juga bisa mendapatkan layanan lain seperti asuransi konvensional. Namun bedanya, layanan ini kini sudah bisa dilakukan secara digital alias dengan koneksi internet.

Apa perbedaan antara asuransi digital dan asuransi konvensional?

Sekadar informasi, asuransi konvensional yang dimaksud di sini adalah asuransi konvensional yang Anda dapatkan dari perusahaan atau agen asuransi dalam bentuk buklet polis cetak. Berikut adalah beberapa perbedaan.

  1. asuransi konvensional
  • Kebijakan ini disajikan dalam bentuk buku/cetakan
  • Premi mahal dengan biaya tambahan seperti biaya produksi/cetak
  • Anda harus pergi ke kantor atau agen asuransi
  • Itu terbatas, karena pembelian harus secara langsung
  1. asuransi digital
  • Kebijakan dan layanan disediakan secara digital
  • Mudah diakses di mana saja dan kapan saja menggunakan ponsel atau laptop
  • Itu bisa diperoleh tanpa harus pergi ke kantor atau agen asuransi
  • Mengurangi biaya produksi
  • Harga premium relatif lebih murah karena tidak ada biaya produksi
  • Dapatkan lebih banyak pelanggan

Keuntungan membeli asuransi secara online

  1. Praktis dan mudah

Bermodal widget yang cukup, Anda sudah bisa membandingkan dan mengakses pilihan perusahaan asuransi yang tersedia di Indonesia.

Selain itu, Anda juga dapat melihat secara dekat besaran premi dan manfaat asuransi yang diberikan oleh masing-masing perusahaan asuransi.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi repot datang ke kantor atau menelepon pihak perusahaan asuransi untuk berkomunikasi dengan agen.

  1. Dapat membandingkan kebijakan

Calon nasabah asuransi dapat dengan mudah membandingkan manfaat dan premi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi terbaik.

  1. Proses lebih aman dan cepat

Saat memutuskan untuk membeli asuransi secara online, pastikan broker/portal asuransi resmi telah mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pasalnya, sebenarnya ini adalah salah satu produk keuangan yang diawasi ketat oleh OJK sehingga penjualan asuransi secara online tidak sembarangan.

Paling tidak, jika agen perorangan, sebaiknya cek dulu lisensinya. Jika Anda telah memverifikasi bahwa izin usaha broker atau portal asuransi online valid, proses transaksi dapat dilakukan dengan lebih aman karena semua transaksi tercatat melalui sistem.

  1. Banyak iklan yang menarik

Secara umum, pasar asuransi menawarkan lebih banyak iklan daripada membeli langsung secara offline di perusahaan asuransi.

Promo yang ditawarkan biasanya berupa diskon harga premium dan cash back untuk mendapatkan keuntungan lebih.

  1. Proses klaim lebih mudah

Bagi calon nasabah yang khawatir akan penolakan klaim, solusinya adalah Anda bisa membeli asuransi secara online.

Baca juga: Perluasan asuransi mobil: risiko yang ditanggung dan cara menghitungnya

Itu karena selain proses klaim yang bisa diajukan secara online kapanpun dan dimanapun, marketplace asuransi biasanya bisa membantu mengajukan klaim Anda seperti yang tertulis di kontrak polis.

Tips memilih asuransi digital

  • Pilih situs broker atau perusahaan asuransi yang terpercaya
  • OJK terdaftar atau bermitra dengan perusahaan terdaftar OJK
  • Pilih produk yang Anda inginkan dan bandingkan
  • Perhatikan detail manfaat dan cakupannya
  • Jangan ragu untuk menghubungi penyedia asuransi

Daftar asuransi digital terbaik

Jika Anda tertarik untuk membeli asuransi secara online, Anda dapat menggunakan pasar asuransi online terpercaya Lifepal.co.id. Selain itu, jika Anda ingin berbelanja langsung di portal perusahaan asuransi, berikut beberapa rekomendasi pilihan terbaiknya:

1. IloveLife – Apa itu Asuransi Digital?

I Love Life adalah portal asuransi online yang didukung oleh Astra Life. Melalui ilovelife.co.id, calon nasabah dapat membeli polis Flexi Life yang berfokus pada manfaat asuransi jiwa online.

Menariknya, di situs agen asuransi online ini, Anda bisa menentukan besaran manfaat dan premi yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Jumlah maksimum yang diasuransikan adalah 5 miliar Rials.

2. eTIQa

Anda dapat mengakses portal jual beli asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Etiqa International Indonesia melalui etiqa.co.id.

Di sini Anda dapat membeli asuransi perjalanan online, asuransi mobil, asuransi properti, dan asuransi kecelakaan diri. Sedangkan produk unggulan yang banyak dicari orang adalah asuransi perjalanan dan asuransi mobil online.

3. Hati-hati

Asuransi online JAGADIRI menjadi pilihan favorit yang dicari banyak orang saat ini. Untuk dapat membeli asuransi dari JAGADIRI, cukup kunjungi website resminya, lalu klik ‘Beli Sekarang’. Mudah kan?

Melalui portal asuransi ini, calon nasabah dapat membeli asuransi kesehatan online, perawatan gigi, asuransi mobil dan masih banyak lagi.

Pelanggan juga berhak untuk meminta pembatalan polis JAGADIRI. Cara membatalkan asuransi Jagadiri dapat dilakukan dengan menghubungi perusahaan asuransi terkait di 1500660.

4. AXA Direct – Apa itu asuransi digital?

AXA Direct adalah portal asuransi online yang disediakan oleh AXA Financial Indonesia. Melalui AXA Direct, calon nasabah dapat mengakses polis asuransi kesehatan, penyakit kritis, dan jiwa secara online.

Polis AXA yang tersedia di AXA Direct meliputi Hospital Plus Life, Heart & Save, Cancer & Save, dan Life & Save.

Apa saja ulasan tentang asuransi digital yang perlu Anda ketahui. Saya berharap ini akan berguna.

Baca juga: Asuransi mobil rusak: jenis dan cara klaim