jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Gugus Tugas Covid Persatuan Dokter Indonesia (PB IDI) mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama saat berada di keramaian, agar arus mudik yang besar diharapkan tidak menimbulkan kasus COVID-19 ini. waktu. . .

Ketua Satgas Covid PB IDI dr Erlina Burhan, SpP(K), MSc melalui siaran pers, Sabtu mengatakan, situasi pandemi masih berlaku, begitu juga dengan penerapan pembatasan kegiatan sosial (PPKM). ditentukan oleh pemerintah.

Lebih lanjut, meski jenis baru SARS-CoV-2 yang ada saat ini relatif ringan, bukan berarti jenis lama sudah hilang.

“Oleh karena itu, kami berharap masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan terutama menggunakan masker untuk melindungi diri dan orang di sekitarnya, terutama saat berada di keramaian,” kata Erlina.

Dikatakannya, penggunaan masker sudah terbukti dapat mencegah penularan penyakit yang ditularkan melalui droplet. Meski aktivitas di sekitar mulai normal, namun perilaku pemakaian masker tetap harus dipraktikkan, terutama saat berada di tengah keramaian.

Bagi orang yang mengalami gejala, perjalanan atau tes langsung tidak disarankan, kata Erlina.

Selain itu, Satgas PB CoVID IDI juga mengingatkan masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi ulang, baik bagi yang bepergian maupun tidak, terutama bagi masyarakat berisiko tinggi seperti lansia.

Erlina juga mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan imunitas dengan mengonsumsi makanan bergizi dan bervitamin serta tidak sembarangan mengonsumsi makanan.

Sementara itu, Dirjen PB IDI, Dr. Moh. Adib Khamidi, SpOT meminta para tenaga medis tetap berkomitmen melayani masyarakat selama liburan akhir tahun ini.

Ia mengatakan: Kami juga meminta para petugas kesehatan untuk terus mengedukasi pasien dan masyarakat sekitar untuk terus meningkatkan kesadaran dan menjaga kebersihan lingkungan.

Di sisi lain, Presiden Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia, dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati saat membawa anak serta tetap menerapkan protokol kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). ).

“Kegiatan liburan keluarga baik untuk anak-anak bersosialisasi dengan teman sebayanya dan mengurangi paparan layar,” ujarnya.

Lanjutnya, selain itu, orang tua juga harus memperhatikan makanan utama dan jajanan anak selama liburan ini dan melakukan vaksinasi sebelum berangkat liburan.

Kapan Ibu Hamil Aman Pergi Liburan?

Delapan Tips Liburan Aman, Nyaman, dan Ramah Kantong

Persiapan Liburan Aman ke Labuan Bajo

Koresponden: Lia Vanadriani Santosa
Editor: Alviansia Pesaribo