jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan bedah kepala dan leher RS ​​Cipto Mangunkusumo, dr. Ayu Astria Sriyana, SpTHTBKL, Subsp.oto(K) memberikan sejumlah saran yang bisa dilakukan oleh penderita benjolan di depan telinga untuk mengurangi dampaknya.

“Kalau infeksi, mungkin itu faktor risiko tertularnya atau menurunnya daya tahan tubuh kita. Jadi, perbanyak makan makanan sehat,” kata Ayu dalam diskusi online tentang benjolan yang muncul di depan telinga.

Ayu mengatakan sebagian besar benjolan yang muncul di tubuh bersifat idiopatik, artinya faktor risikonya tidak selalu jelas. Untuk massa yang berhubungan dengan infeksi, memperkuat sistem kekebalan tubuh sangatlah penting.

Hati-hati Benjolan yang Muncul di Depan Telinga, Bisa Jadi Kanker

Menjaga pola makan sehat, mengonsumsi nutrisi yang cukup dan menghindari faktor-faktor yang dapat menurunkan daya tahan tubuh merupakan tindakan yang dapat dilakukan.

Dalam hal mencegah tumor, baik ganas maupun jinak, ia menyarankan untuk menghindari hal-hal yang berhubungan dengan karsinogen seperti merokok.

Ayo juga menyebutkan infeksi kronis di sekitar telinga. Jika infeksinya tidak diobati, dapat menyebabkan perubahan jaringan, berubah menjadi sel ganas, dan akhirnya menimbulkan benjolan di bagian depan telinga.

Oleh karena itu, pengobatan infeksi telinga segera sangat dianjurkan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Telinga Kecil

“Jadi infeksinya dulu di telinga, lalu jaringannya terus membesar dan akhirnya menjadi sel ganas, lalu menyerang area kelenjar ludah di depan telinga, itu bisa terjadi. Jadi penting sekali kalau ada infeksi. pada area sekitar telinga akan segera diobati.

Spesialis THT dan Bedah Kepala Leher di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo Dr. Ika Dewi Mayangsari, Sp.THT-BKL, Subsp.Onk(K), FICS menambahkan, upaya umum yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan mencegah munculnya benjolan di depan telinga adalah dengan menerapkan “CERDIK” . Pergerakan.

Ika mengatakan, “CERDIK” adalah akronim. C adalah pemeriksaan kesehatan rutin, E adalah menghilangkan asap rokok, R adalah olahraga yang serius, D adalah pola makan seimbang, saya istirahat yang cukup dan K adalah pengelolaan stres.

Ia menyimpulkan: “Jadi secara umum, itulah hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit kanker. Dan satu hal lagi yang bisa saya tambahkan adalah berdoa dengan sungguh-sungguh.”

Apa Kata Dokter tentang Pencegahan dan Pengobatan Telinga Kecil

Koresponden: Fetor Rochman
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024