Andreattini: Ligue 1 tanpa degradasi menghancurkan keseruan kompetisi

JAKARTA (JurnalPagi) – Kebijakan PSSI membatalkan degradasi di Liga 1 Indonesia 2022-2023 telah menghancurkan kemeriahan kompetisi, kata penjaga gawang sekaligus kapten Andreyani Ardiyasa dari Persija.

Juara liga pasti ada, ada yang tumbang, kata Andretani di gedung Kemenpora, Jakarta, Senin.

Pria yang juga Ketua Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) itu melanjutkan, jika Ligue 1 tanpa degradasi, para pemain akan terhambat untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Padahal, menurut Andritany, pemain dibayar untuk tampil maksimal di setiap permainan.

“Di Ligue 1, idealnya pemain bersaing untuk memenangkan tim mereka untuk menang atau menghindari degradasi. Sementara di Ligue 2, pemain harus membantu tim agar promosi ke Ligue 1 melambat atau keluar dari ‘zona merah’, dll. Kami dibayar untuk melakukan yang terbaik di lapangan,” kata Andrettini.

APPI Terus Bicara Lanjutkan Liga 2-Liga 3
Manpura Janji Cari Solusi Liga 2 dan Liga 3 yang Ditangguhkan

Berdasarkan keputusan rapat Komite Eksekutif (Exco), PSSI memutuskan Liga 1 Indonesia musim 2022-2023 digelar tanpa degradasi.

Pasalnya, PSSI mengeluarkan kebijakan menghentikan Liga 2 Indonesia 2022-2023 dan membatalkan Liga Nasional putaran ketiga 2022-23.

PSSI menjelaskan, ada tiga alasan di balik keputusan tersebut, khususnya Liga 2, yakni adanya permintaan dari mayoritas klub yang tidak ingin kompetisi dilanjutkan.

Menurut PSSI, alasan klub-klub tersebut karena ketidaksesuaian konsep melanjutkan kompetisi antara klub dan operator. Liga 2 juga sangat sulit diselesaikan sebelum Piala Dunia U-20 2023 dimulai pada 20 Mei 2023.

Kedua, adanya rekomendasi dari Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia pascabencana Kanjurohan yang menyatakan bahwa sarana dan prasarana Liga 2 tidak memenuhi syarat.

Terakhir, Peraturan Kapolri No. 10 Tahun 2022 yang mengamanatkan proses perizinan baru, dengan memperhatikan jangka waktu pemberitahuan, rekomendasi dan kewenangan bantuan pengamanan.

Pelatih Kepala Persi Pura Minta PSSI-LIB Diaudit Jika Penangguhan Liga 2 Tetap Dilanjutkan.

Pengkhotbah: Michael Sihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *