Anak yang lahir di bulan Oktober memiliki risiko lebih rendah terkena flu

Jakarta (JurnalPagi) – Hasil penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak yang lahir pada bulan Oktober lebih mungkin menerima vaksin flu di bulan yang sama dan memiliki risiko lebih rendah terkena flu.

Menurut pedoman yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, orang yang berusia enam bulan ke atas direkomendasikan untuk menerima vaksin flu setiap tahun, dan waktu yang disarankan untuk vaksinasi saat ini adalah bulan September atau Oktober.

Meskipun vaksinasi flu dapat dilakukan sepanjang musim, ketika virus masih beredar, sebagian besar kelompok umumnya tidak disarankan untuk mendapatkan vaksinasi flu pada bulan Juli dan Agustus.

Namun, terdapat pengecualian bagi anak-anak yang hanya memerlukan satu dosis vaksin, anak-anak berusia enam bulan hingga delapan tahun yang memerlukan dua dosis vaksin (dosis pertama diberikan segera setelah vaksin tersedia), dan perempuan dalam masa kehamilannya. trimester ketiga Kehamilan ketiga kehamilan pada bulan-bulan berikutnya.

Menurut publikasi Medical Daily, temuan penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal BMJ menunjukkan bahwa Oktober adalah waktu yang ideal untuk mendapatkan vaksinasi flu berdasarkan rekomendasi terkini untuk anak-anak.

Dalam analisis eksperimen semu terhadap anak-anak yang menerima vaksinasi influenza, bulan lahir dikaitkan dengan waktu vaksinasi melalui pengaruhnya terhadap waktu kunjungan untuk layanan kesehatan preventif.

“Anak-anak yang lahir pada bulan Oktober lebih mungkin untuk mendapatkan vaksinasi pada bulan Oktober dan lebih kecil kemungkinannya untuk terkena influenza, hal ini sejalan dengan rekomendasi untuk mempromosikan vaksinasi pada bulan Oktober,” tulis para peneliti dalam penelitian tersebut.

Alasan Anak Mudah Terkena Flu

Para peneliti menggunakan data klaim asuransi kesehatan dari lebih dari 800.000 anak berusia dua hingga lima tahun yang menerima suntikan flu dari tahun 2011 hingga 2018 untuk penelitian ini.

Mereka melihat tingkat diagnosis influenza di antara anak-anak berdasarkan bulan lahir mereka.

Setelah mempertimbangkan kemungkinan faktor-faktor yang mempengaruhi seperti usia, jenis kelamin, kondisi yang sudah ada sebelumnya, penggunaan layanan kesehatan dan jumlah anggota keluarga, para peneliti menemukan bahwa bulan Oktober adalah bulan paling umum bagi anak-anak untuk menerima vaksinasi.

Berdasarkan siaran pers hasil penelitian tersebut, anak yang lahir pada bulan Oktober juga memiliki tingkat diagnosis influenza terendah.

Misalnya, tingkat rata-rata diagnosis influenza pada anak-anak yang lahir pada bulan Agustus selama musim flu yang diteliti adalah 3 persen, pada anak-anak yang lahir pada bulan Oktober adalah 2,7 persen, dan pada anak-anak yang lahir pada bulan Desember adalah 2,9 persen.

“Ada banyak variabel dalam hal waktu dan tingkat keparahan musim flu, atau risiko seseorang terkena penyakit ini, dan banyak di antaranya berada di luar kendali kami,” kata Anupam Jena, penulis senior studi tersebut.

“Satu hal yang dapat kita kendalikan adalah waktu pemberian vaksin, dan Oktober tampaknya merupakan bulan terbaik untuk memberikan vaksinasi flu kepada anak-anak,” katanya.

Dokter Spesialis Anjurkan Vaksin Flu Setahun Sekali
Tips meredakan flu dan batuk pada anak secara alami

Penerjemah: Pangeran Hanifa
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *