jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Untuk disampaikan dokter. Sarah Elise Vijon, M.Rose, Sejauh ini, belum ada bukti ilmiah mengenai manfaat darah menstruasi untuk wajah.

Meski ada metode perawatan wajah menggunakan darah yang dikenal dengan plasma kaya trombosit (PRP), metode PRP sangat berbeda dengan menggunakan darah haid sebagai a perawatan kulit.

PRP diambil dari darah, lalu diproses dengannya centrifuge (alat untuk memisahkan komponen suatu zat) sehingga terpisah dari sel darah merah dan plasma. Oleh karena itu, plasma kaya protein digunakan untuk pengobatan. Sara

Menggunakan darah haid untuk kecantikan wajah justru berbahaya bukannya menguntungkan. Ini adalah dokter kulit dari Amerika Serikat, Dr. Taman Joyce. Menurutnya, darah haid mengandung bakteri dan komponen lain yang bisa menginfeksi kulit.

Untuk alasan ini, dr. Joyce meminta agar penggunaan darah haid sebagai perawatan kulit Itu segera berhenti

Artikel lain: Wanita viral minum darah menstruasi, itu mempengaruhi tubuh

Menggunakan darah menstruasi pada wajah dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Berikut adalah resiko darah haid bagi perawatan kulit Apa yang harus diwaspadai:

1. Membuat Anda merasa tidak nyaman

Sara mengatakan, bau darah haid yang dioleskan ke wajah bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada konsumen. Bau tak sedap sebagian besar disebabkan oleh pertumbuhan bakteri di area vagina.

2. Beresiko terkena penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri

Berdasarkan penelitian di jurnal Proteomik molekuler dan selulerDarah haid terdiri dari tiga jenis cairan tubuh, yaitu darah, cairan vagina, serta sel dan cairan yang terakhir diproduksi oleh endometrium (lapisan dalam rahim) saat haid.

Sebab, di antara cairan tersebut juga terdapat bakteri yang merupakan bagian dari flora alami alat kelamin wanita. Jika jumlah bakteri di vagina tidak seimbang, infeksi yang disebut vaginosis bakteri berkembang. Bakteri vaginosis menyebabkan keputihan yang berbau amis, vagina gatal, dan nyeri saat buang air kecil.

Nah, gunakan darah haid untuk perawatan kulit Hal tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri pada area wajah. Jika Anda memiliki klamidia, bakteri Chlamydia trachomatis Penyebab penyakit menular seksual ini bisa menginfeksi mata dan menyebabkan peradangan pada konjungtiva. Akibatnya, konjungtiva, yaitu selaput bening yang melindungi bola mata Anda, menjadi meradang.

3. Kulit wajah terinfeksi virus

Herpes genital adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi virus Herpes simpleks. virus Herpes simpleks Penyakit ini dapat menular melalui darah haid yang Anda oleskan pada wajah.

Akibatnya, Anda mengalami herpes wajah yang menimbulkan gejala berupa lecet atau luka terbuka berair.

Artikel lain: Cek kondisi kesehatan melalui warna darah menstruasi

Darah haid untuk kecantikan wajah tidak memiliki manfaat kesehatan. Darah haid yang dioleskan ke wajah ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Jadi hindari penggunaan darah haid di wajah ya! #Jaga kesehatan dengan menggunakan masker yang sudah terbukti aman dan bermanfaat untuk kulit.

Jangan pernah termakan tren perawatan kecantikan yang sedang populer saat ini. Jika Anda ragu dengan manfaatnya, konsultasikan ke dokter kulit melalui layanan dokter di aplikasi KlikDokter.

Yuk, download aplikasinya untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan kulit lainnya

(ADT/JKT)