Alasan mengapa Gen Z merawat wajahnya lebih awal namun terlihat lebih tua dibandingkan generasi Milenial

Jakarta

Berkat internet dan media sosial, Generasi Z telah mengenal standar kecantikan sejak usia muda. Selain menggunakan perawatan kulit dan riasan, beberapa dari mereka sudah mulai serius merawat kecantikannya dengan prosedur seperti filler dan botox. Meski lebih sadar akan penampilan, banyak Gen Z yang terlihat lebih dewasa dibandingkan generasi milenial. Dokter kulit pun menjelaskan alasannya.

Di media sosial, generasi milenial kerap dihebohkan dengan penampilan Gen Z yang dinilai terlalu dewasa. Seorang dokter kosmetik mengatakan hal yang sama. dokter. Ross Perry, direktur Cosmedics Skin Clinic, mengatakan hal ini mungkin disebabkan oleh kombinasi perawatan berbeda yang menyebabkan penuaan pada wajah.

Dia mengatakan kepada New York: “Bukan hal yang aneh melihat anak berusia 18 tahun menggunakan filler bibir. Anak berusia 20 tahun mendapatkan Botox dan filler, riasan semi permanen (bordir) untuk alis dan bibir. Jika prosedur ini digabungkan, mereka bisa membuatmu terlihat lebih tua.” Pos.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

Semakin muda usia perawatannya, terkadang semakin sulit menciptakan wajah alami. Sedangkan salah satu kunci tampil awet muda adalah kesan natural. “Setelah Anda mulai, sangat sulit untuk kembali menjadi normal, terutama ketika ‘afirmasi’ di media sosial dimulai,” tambah Dr. Ross.

Oleh karena itu, meski sudah lebih banyak melakukan perawatan, namun generasi ini belum tentu memiliki informasi yang tepat untuk merawat wajahnya sesuai kebutuhan. Menurut Dr Sophie Shatter, sebenarnya tidak banyak orang yang membutuhkan suntikan Botox di bawah usia 30 tahun karena manfaatnya belum terlihat.

“Perawatan sebelum Anda benar-benar membutuhkannya terkadang bisa membuat Anda terlihat lebih tua dengan penampilan yang hampir seperti masker,” kata Sophie.

Salah satu ciri wajah yang disukai generasi Z adalah pipi yang jenjang. Menurut ahli kecantikan Amish Patel, fitur ini memang cantik, namun jika digunakan secara berlebihan dapat membuat wajah menua.

Berbeda dengan Gen Z, generasi milenial sendiri disebut-sebut lebih mengutamakan kesehatan dibandingkan penampilan. Generasi milenial dikatakan lebih sedikit merokok dan lebih banyak berolahraga dibandingkan generasi lainnya. Selain itu, mereka juga lebih memilih perawatan kulit dibandingkan riasan.

(ami/ami)







Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *