jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Akupunktur merupakan salah satu pengobatan komplementer yang mungkin dapat mengatasi ketidaknyamanan selama kehamilan, bahkan di awal kehamilan.

Diposting di Good & Good Kamis (6/6), ahli akupunktur berlisensi dan profesor Pengobatan Oriental Susan Wallmeier LAc MSTOM mengatakan akupunktur selama kehamilan aman jika dilakukan oleh praktisi yang berkualifikasi dan berlisensi.

Bahkan melakukan akupunktur di awal kehamilan pun tidak menjadi masalah. “Banyak orang takut dengan akupunktur pada trimester pertama,” kata Wallmeier.

Akupunktur bisa menjadi pilihan pengobatan bagi pasien stroke

Akupunktur selama kehamilan dapat membantu mengurangi mual dan muntah. Mengikuti teori kedokteran Asia Timur, Valmire mengatakan bahwa titik akupunktur mengatur qi (gerakan) lambung. Idenya adalah untuk mendorong segala sesuatunya agar bergerak ke bawah, bukan ke atas.

Sebuah studi pada bulan Juni 2023 di Annals of Internal Medicine menyimpulkan bahwa akupunktur adalah pengobatan yang efektif dan aman untuk mual dan muntah sedang hingga parah pada kehamilan.

Selain itu, akupunktur juga dapat meredakan insomnia. Ibu hamil sering mengalami rasa pegal-pegal, perut membesar sehingga sulit mencari posisi nyaman, dan sulit ke kamar mandi di tengah malam. Di sinilah akupunktur bisa sangat membantu.

Akupunktur Dapat Mencegah Risiko Hipoglikemia Penyebab Diabetes

“Menurut pengobatan Asia Timur, jantung dan hati biasanya tidak seimbang dalam kasus insomnia karena kecemasan, jadi kami memilih titik-titik di sepanjang meridian ini,” kata Wallmayer.

Sebuah studi kecil pada bulan Mei 2020 di Nature and Science of Sleep menyimpulkan bahwa akupunktur secara signifikan meningkatkan kualitas tidur pada wanita hamil. Meski cara kerjanya belum sepenuhnya dipahami, para peneliti berhipotesis bahwa akupunktur dapat merangsang pelepasan melatonin, hormon yang membantu Anda rileks dan membuat Anda mengantuk.

akupunktur telinga membantu menurunkan berat badan

Manfaat lainnya antara lain membantu mengatasi kecemasan dan depresi, meredakan nyeri punggung, pinggul, dan panggul akibat penambahan berat badan serta menggeser pusat gravitasi anak, membantu mengatasi sakit kepala, serta mencegah migrain dan tekanan darah tinggi.

Akupunktur selama kehamilan juga dapat meredakan sakit maag selama kehamilan karena asam lambung dan cairan mengalir dari lambung ke kerongkongan. Dan dapat meredakan rinitis yang menyerang sekitar seperlima ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga.

Saat Anda mencoba akupunktur, jangan berbaring telentang selama perawatan, karena dapat menekan pembuluh darah besar sehingga mengurangi aliran darah ke rahim, terutama pada trimester kedua dan ketiga yang kiri.

Akupunktur Dapat Mengurangi Komplikasi dan Keluhan Penderita Kanker

Akupunktur bermanfaat dalam program bayi tabung

Penerjemah: Fitrah Asy’ari
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024