Akio Saiko meraih medali emas Liga Karate Junior Dunia 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Karateka junior (Karateka) papan atas Indonesia Akio Saiko berhasil meraih medali emas pada Liga Karate Junior Dunia 2024 di Fujairah, Uni Emirat Arab.

“Karateka junior kami Aiko Saiko meraih emas setelah mengalahkan wakil Venezuela,” kata Omar Syarif, pelatih karate Institut Karate Do Nasional (INCANAS) melalui telepon dari Jakarta, Minggu.

Ia menjelaskan, World Youth Karate League 2024 yang digelar pada tanggal 22 hingga 25 Februari merupakan ajang yang sangat bergengsi yang diikuti lebih dari 2.000 atlet dari berbagai negara di dunia.

Pada laga tersebut, Akio Sayko yang tampil di kategori putra menunjukkan kemampuan gemilangnya dengan delapan pertarungan, dan pada laga pamungkas ia mampu mengalahkan wakil Venezuela dan merebut medali emas.

Selain itu, Sifa Salsbila karateka Indonesia juga berhasil meraih medali perunggu kategori putri di kompetisi internasional. “Tentunya kami sangat bersyukur bisa meraih dua medali di kompetisi yang sangat bergengsi tersebut,” ujarnya.

Syarif menilai perolehan medali ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi para atlet dalam mengukur kemampuan karate serta mencatat rangking dan jam terbang.

Ia mengumumkan jumlah karateka Indonesia yang dikirim untuk mengikuti turnamen ini sebanyak delapan orang, lima orang atas inisiatif Incanas dan tiga orang dari Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki).

Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para praktisi karate Tanah Air lainnya untuk terus berlatih dan berkontribusi dalam menyukseskan kompetisi bertaraf internasional.

Syarif yang memiliki pengalaman karateka sekitar 20 tahun ini berharap para karateka Indonesia diberikan kesempatan untuk mengikuti kompetisi internasional sebanyak-banyaknya.

Dikatakannya, “Faktor jam terbang sangat penting bagi para atlet untuk bisa berprestasi karena di sisi lain jumlah pertandingan kita di Indonesia sangat sedikit dibandingkan di Eropa misalnya.”

Hadi Tehjanto Kembali Dikukuhkan Sebagai Ketua Umum PB FORKI

Koresponden: Aloysius Levukda
Redaktur: Ervan Sohairondi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *