AI Center Indonesia akan tersedia dengan investasi sekitar Rp 3,1 triliun

Jakarta (JurnalPagi) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Ari Setiadi mengatakan Indonesia merupakan pusat pengembangan kecerdasan buatan atau Kecerdasan buatan (AI) dinobatkan sebagai “Indonesia Artificial Intelligence Nation” dengan investasi gabungan perusahaan teknologi senilai US$200 juta atau sekitar Rp3,1 triliun.

Pusat pengembangan kecerdasan buatan tersebut akan hadir di Kota Sulu, Jawa Tengah, khususnya melalui Sulu Techno Park, kata Bodi.

Jadi inilah pusat (pembangunan) kecerdasan buatan di Indonesia. Negara ini disebut kecerdasan buatan Indonesia, kata Bodi di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Rabu.

Lebih lanjut, Bodhi mengatakan dua perusahaan yang dimaksud adalah perusahaan teknologi Amerika NVIDIA dan perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH).

Kolaborasi Adalah Cara Jitu Untuk Mengajari Generasi Muda Tentang Kecerdasan Buatan

Wamenkominfo dorong pengembangan etika AI dalam dunia pendidikan

Solo Techno Park menjadi tempat pengembangan pusat kecerdasan buatan Indonesia dalam investasi ini karena dinilai memiliki infrastruktur yang memadai dan juga berpotensi mengembangkan talenta digital.

Pada bulan Februari 2023, Solo Techno Park dibuka kembali oleh pemerintah sebagai ruang publik kreatif pendukung berbagai fasilitas pengembangan teknologi.

Terdapat dua fasilitas yang mendukung warga Kota Sulu berinovasi melalui teknologi, yaitu Gedung Sembrani dan Gedung Gomarang.

Gedung Sembrani dianggap sebagai techhub Sebagai ruang untuk melakukan penelitian, pengembangan teknologi dan inovasi.

Sementara itu, Gedung Gomarang telah diperuntukkan sebagai gedung perkantoran salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia, yang akan digunakan sebagai pusat administrasi dan memberikan dukungan berkelanjutan bagi pertumbuhan UMKM lokal di Solo dan sekitarnya.

Dengan fasilitas tersebut, Budi optimis Solo Techno Park dapat menjadi tumpuan pusat pengembangan kecerdasan buatan di Indonesia.

“Inilah yang menjadi landasan kita akan membangun pusat kecerdasan buatan di Indonesia,” kata Bodi.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nizar Patria di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Rabu (4/3/2024). (JurnalPagi/Livia Kristianti)

Nizar Patria, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, menambahkan kehadirannya Kecerdasan buatan bangsa Indonesia Diharapkan dapat meningkatkan kapasitas masyarakat Indonesia sebagai talenta digital khususnya teknologi AI.

Selain itu, menurutnya, NVIDIA memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut karena perusahaannya berskala global dan memiliki teknologi kecerdasan buatan yang terdepan di industri.

“Jadi ini kemitraan yang sangat strategis dan kami berharap nanti ada transfer teknologi, jadi kami tidak hanya satu. pengguna“Tetapi nantinya dia bisa menjadi bagian dari pemain yang diperhatikan baik secara regional maupun global,” kata Nezar.

Kolaborasi Adalah Cara Jitu Untuk Mengajari Generasi Muda Tentang Kecerdasan Buatan

Menkominfo: Pemerintahan berevolusi untuk memaksimalkan potensi AI.

Menkominfo: Perusahaan telekomunikasi harus menggunakan AI secara etis

Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *