Ahli Onkologi: Kanker mulut bisa menyebar ke leher

Jakarta (JurnalPagi) – Dokter bedah onkologi Dr. I Gusti Ngurah Gunawan Wibisana, Sp.B(K) Onk mengatakan kanker mulut bisa menyebar ke bagian tubuh lain, terutama leher.

“Kanker mulut sama seperti kanker pada umumnya, dapat tumbuh tidak terkendali di rongga mulut dan juga dapat menyebar ke tempat lain yaitu kelenjar di leher,” ujarnya dalam talk show online yang disiarkan dari Jakarta, Selasa. .

Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini menambahkan, kanker mulut bahkan bisa menyebar ke bagian tubuh lain yang jauh dari rongga mulut, seperti paru-paru dan tulang.

Katanya: Kanker rongga mulut mengganggu fungsi mulut untuk berbicara dan mengunyah makanan.

Dr yang berada di RSUPN Dr. “Jika menyebar ke tempat lain di luar rongga mulut, hal ini dapat menurunkan kelangsungan hidup,” katanya. Cipto Mangunkusumo.

Hati-hati, Kanker Rongga Mulut Bisa Berawal dari Kotoran Mulut dan Gigi

Gunawan menyarankan untuk melakukan upaya deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan mulut ke dokter sebulan sekali untuk memeriksa adanya luka dan flek.

Oleh karena itu, kita periksa secara berkala kondisi rongga mulut kita sebulan sekali atau setiap bulan di hari ulang tahun kita, misalnya ada luka atau koreng yang tidak kunjung sembuh atau belum. Lalu apakah ada keputihan atau tidak. “Dulu tidak ada, sekarang ada, lalu meluas,” ujarnya.

Menurutnya, selain adanya luka dan bercak putih di rongga mulut, salah satu gejala penyakit ini adalah adanya pembengkakan di area leher.

Beliau mengatakan: Banyak orang yang datang kepada kami karena adanya benjolan di lehernya, namun setelah dilakukan pemeriksaan ternyata ada luka (kerusakan atau kelainan) atau sesuatu pada rongga mulutnya.

Gunawan mengatakan, menghindari rokok, mengunyah sirih, dan terlalu banyak minum alkohol dapat membantu mencegah munculnya kanker rongga mulut.

Hati-hati Luka yang Tak kunjung Sembuh
Mahasiswa UB Kembangkan Alat Deteksi Kanker Mulut

Koresponden: Farhan Arda Nograha
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *