jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 20, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Mangga mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh, namun terlalu banyak mengonsumsi mangga dapat meningkatkan kadar gula darah dan menghentikan upaya penurunan berat badan.

Mengonsumsi buah mangga dengan bijak baik untuk kesehatan karena buah mangga mengandung vitamin C dan karotenoid yang dapat membantu melindungi kulit, vitamin A yang penting untuk kesehatan mata, potasium yang membantu mengontrol tekanan darah, dan asam amino triptofan yang membantu meningkatkan mood.

Meski demikian, ahli gizi Juhi Kapoor menekankan pentingnya mengonsumsi mangga dalam jumlah yang wajar agar terhindar dari gangguan kesehatan.

Dikutip dari Waktu Hindustan Pada Rabu (23/5), ia menyarankan untuk mengonsumsi sekitar setengah buah mangga ukuran besar atau sekitar 150 gram per hari.

“Porsi ini menyediakan sekitar 125 hingga 150 kalori, sehingga Anda bisa menikmati kelezatan buah dengan tetap menjaga asupan kalori seimbang,” ujarnya.

Kapoor mencatat pentingnya mempertimbangkan ukuran mangga sebelum memakannya.

Ia mencontohkan buah mangga berukuran besar dengan berat 300 hingga 350 gram dan mengandung kalori 250 hingga 300 gram.

“Jika rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 2.000 kalori sehari, satu buah mangga berukuran besar akan menyediakan sekitar 15 persen dari total kebutuhan kalori harian mereka,” ujarnya.

Konsumsi buah penting untuk daya tahan tubuh
Rutin konsumsi buah dan sayur kurangi risiko kanker

Ahli gizi Lavnit Batra merekomendasikan makan setengah hingga satu buah mangga sehari untuk mencegah kenaikan kadar gula.

Menurutnya, satu buah mangga berukuran rata-rata memiliki kandungan karbohidrat sekitar 50 gram, sehingga aman dikonsumsi setengah buahnya dalam sehari.

Katanya: Buah tinggi karbohidrat ini sebaiknya dikonsumsi dengan sumber serat dan lemak sehat.

Katanya: Anda bisa minum secangkir air jeruk nipis dengan rendaman biji chia, almond, dan kenari sebelum makan mangga, yang akan mengurangi peningkatan gula setelah mengonsumsi buah tersebut.

Batra mengatakan, waktu konsumsi mangga juga penting. Menurutnya, mangga sebaiknya dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas fisik.

Katanya: Pastikan mengonsumsinya sebelum berolahraga dan setelah mengonsumsi serat dan lemak. Pastikan juga mengonsumsi mangga utuh dan tidak dalam bentuk cair.

Kulit Mangga Tawarkan Solusi Atasi Polusi Berminyak
Pakar nutrisi menganjurkan perbanyak konsumsi buah saat cuaca panas

Penerjemah: Fitrah Asy’ari
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024