jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Ahli Gizi Dr. Luciana Sutanto MS, Sp.GK menganjurkan memulai buka puasa dengan porsi kecil yang berasa manis atau takjeel untuk mengaktifkan sistem pencernaan dan mengembalikan kadar gula darah setelah berpuasa.

Luciana, ahli gizi klinis lulusan Universitas Indonesia, mengatakan kepada JurnalPagi melalui pesan singkat, Makanlah makanan manis dalam porsi kecil saat berbuka untuk mengaktifkan sistem pencernaan dan memulihkan kadar gula darah yang turun setelah 12 jam puasa. Di Jakarta, Selasa

Dokter yang merawat RS Mitra Kalwarga menjelaskan, setelah makan kecil saat berbuka, bisa dilanjutkan dengan makanan utama bergizi lengkap setelah shalat Maghrib. Anda bisa menyantap makan malam alternatif setelah shalat tarawih dan kembali ke menu utama lengkap saat sahur.

Tips Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Bulan Puasa

Bagi masyarakat yang memiliki riwayat penyakit seperti refluks atau refluks lambung, disarankan untuk menghindari konsumsi makanan pedas dan asam saat berbuka atau sahur.

Luciana mengatakan: Hindari makanan yang dapat memperburuk kondisi refluks saat sahur dan berbuka, seperti makanan yang sangat pedas dan sangat asam.

Sementara bagi penderita diabetes, Luciana menyarankan untuk berkonsultasi dengan ahli medis sebelum berpuasa.

Luciana mengatakan, “Dalam kasus diabetes, periksakan dulu ke dokter apakah diabetes masih memungkinkan Anda berpuasa.”

Dalam diskusi online, Sabtu (24/2), dokter penyakit dalam RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, Dr. Marta Rosanna, Sp.PD mengatakan penderita diabetes berisiko mengalami komplikasi jika mengubah asupan makanan dan cairannya. Penderita diabetes dapat menghadapi risiko komplikasi berupa hipoglikemia (gula darah rendah), hiperglikemia (gula darah terlalu tinggi), dehidrasi, dan ketosis diabetik (komplikasi akut).

Pentingnya berkonsultasi dengan dokter sebelum berpuasa agar penderita diabetes dapat memperoleh informasi mengenai evaluasi penggunaan obat, pemantauan kondisi kesehatan, dan penilaian risiko komplikasi.

Penderita diabetes disarankan berkonsultasi dengan dokter jika ingin berpuasa

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya air membantu memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa

Ini Saran Ahli Gizi untuk Menu Buka Puasa Sehat

Koresponden:
Editor: Natisha Andarningtias
Hak Cipta © JurnalPagi 2024