Ahli gizi berbagi tips memutus mata rantai balita “pendek”.

Jakarta (JurnalPagi) – Menjelang Hari Gizi Nasional pada 25 Januari, ahli gizi klinis dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes., Sp.GK berbagi tips untuk memutus mata rantai. Pertumbuhan jangka pendek Balita adalah salah satu masalah terbesar Indonesia selama ini.

Menurut Diana melalui keterangan resmi yang diterima JurnalPagi di Jakarta, Senin, ibu dan seluruh masyarakat Indonesia memiliki peran kunci sebagai agen perubahan untuk menata dan memutus mata rantai. Pertumbuhan jangka pendek.

Dengan kebiasaan gaya hidup dan pola makan yang seimbang, masyarakat Indonesia khususnya anak-anak dan ibu-ibu dapat terbebas dari rantai rantai tersebut. Pertumbuhan jangka pendekkata Diana.

Berikut tips Diana untuk memutus mata rantai Pertumbuhan jangka pendek balita Indonesia

Ahli gizi bagikan berbagai manfaat membawa bekal untuk anak

Makanan ibu adalah makanan anak

Survei Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018 menunjukkan bahwa 16,8 persen remaja, termasuk remaja putri, memiliki tubuh kurus yang disebabkan oleh kurangnya asupan makanan dan gizi.

Padahal, di rumah, perempuan berperan penting dalam mengembangkan pola makan sehat seperti mengonsumsi makanan kaya serat, makan sayur dan buah, serta minum air putih.

Dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, perempuan Indonesia dapat mengurangi risiko kekurangan gizi sejak dini.

Menerapkan prinsip gizi seimbang pada ibu hamil dan janinnya

Selain berbahaya bagi anak, konsumsi makanan yang tidak seimbang juga berdampak pada kesehatan ibu hamil. Seorang wanita yang Pertumbuhan jangka pendek Berisiko bayi berat lahir rendah (BBLR) yang juga berisiko tinggi terkena penyakit ini Pertumbuhan jangka pendek.

Oleh karena itu ibu hamil harus menggunakan prinsip gizi seimbang dengan menyediakan energi dan protein, asam lemak dan asam folat, serat, zat besi serta vitamin dan mineral.

Memberikan pola asuh terbaik dalam 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

Untuk mencapai perbaikan gizi anak perlu diperhatikan bahwa 1000 HPK mulai dari minggu ke 270 kehamilan sampai anak berusia dua tahun atau 730 hari merupakan masa yang sangat kritis.

Anak berpengalaman Pertumbuhan jangka pendek Ini akan efektif lebih cepat atau sebelum enam bulan Pertumbuhan jangka pendek Ini lebih parah pada usia dua tahun. Jika tidak ditangani, maka kondisinya Pertumbuhan jangka pendek Pada anak berusia lima tahun, hal itu menyebabkan stunting yang berlanjut hingga remaja dan memengaruhi kesuksesannya di masa depan.

Gunakan Diet 3J untuk Mencegah Gangguan Kesehatan

Memperkaya informasi dari dokter gizi kepada masyarakat

Dengan mengunjungi ahli gizi dan dokter anak, orang tua dapat terus memantau dan mencegah kebutuhan gizi anaknya Pertumbuhan jangka pendek Itu terjadi pada anak-anak

Anda juga bisa mencari informasi dari internet dan komunitas parenting untuk menyiapkan makanan fungsional dan enak dengan gizi seimbang yang mengandung mikronutrien dan makronutrien sesuai kriteria.

Menerapkan konsep “mengisi piringku”

“Piringku” merupakan acuan dari Kementerian Kesehatan yang menggambarkan porsi makanan yang dikonsumsi dalam satu piring yang mengandung 50% buah dan sayur serta 50% karbohidrat dan protein.

Dengan Panduan Isi Piringku, orang tua dapat berperan aktif dalam menjaga pola hidup sehat bagi anak dan keluarga.

Memperingati Hari Gizi dan Perjuangan Nasional Pertumbuhan jangka pendek Di Indonesia, Unilever Indonesia melalui Royco berbagai menu makanan sehat dengan gizi seimbang dalam program Royco NutriMenu yang telah menjangkau 17 juta orang di 22 provinsi di Indonesia sejak tahun 2019.

Selain itu, Royco juga menawarkan produk dengan garam beryodium untuk membantu tumbuh kembang anak serta mencegahnya. kelaparan tersembunyi atau kelaparan tersembunyi

Pemerintah berupaya menyediakan alat antropometri ke seluruh Posyando

Kemenko PMK ingatkan pentingnya protein hewani untuk cegah stunting

Tips Menyiapkan Makanan Bergizi untuk Anak Menurut Ahli Gizi

Pembicara: Sochi Nurhaliza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *