Agar terhindar dari iritasi, berikut 5 cara menggunakan serum asam salisilat dengan benar

MOMSMONEY.ID – Temukan 5 cara menggunakan serum asam salisilat dengan benar di sini.

Asam salisilat atau asam salisilat merupakan bahan aktifnya perawatan kulit yang terkenal dengan kemampuannya dalam mengatasi jerawat dan mengeksfoliasi kulit.

Seperti bahan perawatan kulit Jika tidak, penting bagi Anda untuk menggunakan asam salisilat (termasuk dalam bentuk serum) dengan benar untuk mendapatkan hasil terbaik tanpa merusak kulit Anda.

Simak dan terapkan, berikut 5 cara menggunakan serum asam salisilat dengan benar, seperti dilansir Kesehatan kecantikan mentah.

Bukan Nasi Putih, Ini Pilihan Nasi Ramah Diabetes!

1. Mulailah dengan konsentrasi rendah

Cara penggunaan serum asam salisilat yang pertama dan benar adalah memulainya dengan konsentrasi rendah.

Asam salisilat tersedia dalam konsentrasi mulai dari 0,5% hingga 2%. Jika Anda baru mengenal asam salisilat atau memiliki kulit sensitif, sebaiknya mulai dengan konsentrasi yang lebih rendah seperti 0,5% atau 1% dan tingkatkan konsentrasi secara bertahap seiring dengan terbiasanya kulit.

Jika pertama kali menggunakan serum asam salisilat konsentrasi tinggi dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kekeringan.

2. Gunakan sesuai petunjuk

Cara menggunakan serum asam salisilat yang kedua dan benar adalah dengan menggunakannya sesuai petunjuk.

Karena merupakan asam salisilat, jika digunakan secara tidak benar, dapat menimbulkan efek keras pada kulit. Oleh karena itu, selalu baca petunjuk pada kemasan serum sebelum digunakan dan ikuti petunjuknya dengan cermat.

Ingat, hindari penggunaan serum asam salisilat di sekitar mata, hidung, mulut dan jerawat aktif. Jika Anda merasa tidak nyaman atau terbakar, segera hentikan penggunaan.

3. Jangan menggunakannya secara berlebihan

Cara menggunakan serum asam salisilat yang benar yang ketiga adalah dengan tidak menggunakannya secara berlebihan.

Meskipun serum wajah yang mengandung asam salisilat merupakan eksfolian yang efektif, penggunaan berlebihan justru lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Penggunaan serum asam salisilat secara berlebihan dapat menyebabkan kekeringan, kemerahan, dan iritasi yang berpotensi memperburuk kondisi kulit.

Sebaiknya mulai menggunakan serum asam salisilat hanya 1-2 kali seminggu. Jika kulit Anda dapat menoleransinya, tingkatkan frekuensinya secara bertahap.

Melembutkan Kulit, Ini 4 Manfaat Garam Himalaya untuk Kulit dan Rambut

4. Setelah itu gunakan pelembab

Cara menggunakan serum asam salisilat yang benar dan keempat adalah dengan menggunakan pelembab setelahnya.

Asam salisilat dapat mengeringkan kulit. Oleh karena itu, penting untuk melembabkan kulit Anda dengan pelembab yang ringan, nonkomedogenik, dan bebas pewangi setelah menggunakan serum asam salisilat.

Menggunakan pelembab setelah menggunakan serum asam salisilat dapat membantu menenangkan kulit sekaligus mencegah kekeringan dan iritasi. Agar lebih aman, Anda bisa menggunakan teknik sandwich jika menggunakan bahan aktif seperti asam salisilat. Untuk itu, gunakan pelembab sebelum dan sesudah menggunakan serum asam salisilat.

5. Lakukan dengan sabar

Cara menggunakan serum asam salisilat yang benar dan kelima adalah melakukannya dengan sabar.

Asam salisilat bukanlah obat ajaib untuk jerawat atau masalah kulit lainnya. Menggunakan asam salisilat membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasilnya.

Mungkin diperlukan waktu beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk melihat perbaikan pada kulit Anda setelah menggunakan serum asam salisilat. Jadi, bersabarlah dan konsisten dalam menggunakan serum asam salisilat daripada mengharapkan hasil dalam semalam.

Itulah 5 cara menggunakan serum asam salisilat dengan benar. Asam salisilat bisa menjadi bahan perawatan kulit yang efektif bila digunakan dengan benar. Dengan mengikuti cara-cara di atas, penampilan kulit Anda akan membaik tanpa menimbulkan kerusakan atau iritasi.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *