9 fakta tentang jamur kuping yang harus Anda ketahui

Pernah makan jamur seperti gambar di atas? Jika iya, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jamur kuping. Jamur dengan bentuk mirip telinga manusia ini salah satunya jamur yang biasanya diolah menjadi hidangan lezat seperti sup dan tumis.

Tak hanya itu, jamur ini ternyata memiliki sejumlah manfaat lain yang mungkin belum Anda ketahui. Ingin tahu? Yuk simak beberapa fakta menarik tentang jamur kuping yang harus kamu ketahui!

7 Jamur Langka di Dunia yang Sangat Sulit Ditemukan

1. Nama latin jamur ini adalah Auricularia auricula. Nama ini berasal dari kata “Auricularia” yang berarti telinga. Bentuknya yang mirip daun telinga juga membuat jamur ini dikenal sebagai jamur kuping kayu.

Jamur kuping (commons.wikimedia.org/Classiccardinal)

2. Karena memiliki tekstur yang mirip dengan jeli atau agar-agar, maka jamur kuping termasuk dalam kelompok jamur jeli. Permukaan atas tubuh buah bertekstur seperti beludru, sedangkan permukaan bawahnya mengkilap dan halus saat disentuh.

Jamur kuping (commons.wikimedia.org/GLJIVARSKO DRUSTVO NIS)

3. Jamur kuping tumbuh liar berkelompok menempel pada kayu mati di tempat yang lembab dan teduh. Selain tersebar di Indonesia dan Asia, jamur ini juga hidup di sebagian besar wilayah Australia, Eropa, dan Amerika Utara.

9 fakta tentang jamur kuping yang perlu Anda ketahui untuk menjadi bahan perawatan kulitJamur kuping (pixabay.com/aggies)

7 Fakta Armillaria mellea, parasit yang kerap merusak tanaman

4. Jamur ini mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral sehingga termasuk dalam makanan dengan kandungan gizi yang relatif lengkap.

9 fakta tentang jamur kuping yang perlu Anda ketahui untuk menjadi bahan perawatan kulitJamur kuping (pixabay.com/Gemshots)

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pemilihan ketua sekretaris

5. China adalah penghasil jamur kuping terbesar di dunia, dengan sentra produksi di provinsi Heilongjiang, Jilin, Henan, dan Hubei.

9 fakta tentang jamur kuping yang perlu Anda ketahui untuk menjadi bahan perawatan kulitJamur kuping (commons.wikimedia.org/Stu’s Images)

6. Di Cina, Auricularia auricula pertama kali dibudidayakan 4000 tahun yang lalu, pada masa Kaisar Shennong, dimana jamur ini digunakan sebagai makanan sekaligus obat.

9 fakta tentang jamur kuping yang perlu Anda ketahui untuk menjadi bahan perawatan kulitJamur kuping (pixabay.com/KevCannings)

6 Fakta tentang Jamur Kerudung Pengantin, Jamur Aneh yang Baunya Seperti Mayat.

7. Sejumlah penelitian ilmiah bahkan menunjukkan bahwa jamur kuping memiliki khasiat seperti antioksidan, antidiabetes, antiinflamasi, antikanker, antiobesitas, antimikroba, dan antikoagulan.

9 fakta tentang jamur kuping yang perlu Anda ketahui untuk menjadi bahan perawatan kulitJamur kuping (pixabay.com/KevCannings)

8. Auricularia auricula juga mengandung senyawa bioaktif seperti polisakarida yang dapat menjaga elastisitas kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Oleh karena itu, jamur ini dikenal sebagai bahan penting untuk pembuatan produk perawatan kulit seperti losion dan kosmetik.

9 fakta tentang jamur kuping yang perlu Anda ketahui untuk menjadi bahan perawatan kulitJamur kuping (pixabay.com/KevCannings)

9. Saat ini, sebagian besar negara Asia menanam jamur kuping dan mengekspornya dalam bentuk kering ke seluruh dunia.

9 fakta tentang jamur kuping yang perlu Anda ketahui untuk menjadi bahan perawatan kulitJamur kuping (pixabay.com/Hans)

Fakta menarik tentang jamur jenis ini bukan? Tidak hanya dapat diolah menjadi makanan yang enak dan sehat, jamur kuping juga dapat dimanfaatkan dalam bidang farmakologi dan kecantikan. Semoga informasi ini menambah pengetahuan Anda tentang jamur kuping ya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan wadah untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *