jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa setiap orang, baik pria maupun wanita, memiliki cara berbeda dalam berpenampilan menarik. Salah satunya adalah penggunaan skin care untuk kesehatan kulit wajah.

Namun, sayangnya para pengguna skin care masih saja melakukan kesalahan dalam langkah perawatan kulit yang mereka lakukan. Banyak orang cenderung membeli produk perawatan kulit yang saat ini ada di pasaran, bukan menggunakannya.

Hasilnya bukan sehat, tapi makin banyak muncul jerawat dan masalah kulit lainnya. Padahal, langkah perawatan kulit yang benar tidaklah rumit. Berikut 8 langkah perawatan kulit yang tepat.

1. Langkah pertama adalah menghilangkan sisa riasan dan tabir surya menggunakan pembersih wajah seperti minyak pembersih, balsem pembersih, susu pembersih, penghapus riasan, dan air misel.

Gambar pembersih wajah (unsplash/foyu)

2. Bersihkan sisa pembersih dan aplikasikan make up menggunakan face wash yang tidak berbusa dengan pH balance 5-6, lalu bilas dengan air.

gambar cuci muka (unsplash.com/lumin)

3. Gunakan toner yang bebas alkohol dan beraroma agar kulit tidak kering setelah mencuci muka

8 langkah untuk penggunaan yang benar dan komplikasi anti-kulitGambar penggunaan toner (unsplash.com/kalosskin)

4. Anda dapat menggunakan essence, serum atau facial oil sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, usahakan hanya digunakan pada malam hari, langkah ini tidak wajib.

8 langkah untuk penggunaan yang benar dan komplikasi anti-kulitGambar kepala ganti muka (unsplash.com/contentpixie)

7 Cara Merawat Kulit dengan Bahan Alami, Lebih Sehat!

5. Kunci kelembapan kulit dengan menggunakan pelembab atau moisturizer sesuai dengan jenis kulit Anda, pastikan mengandung hyaluronic acid serta bebas alkohol dan pewangi.

8 langkah untuk penggunaan yang benar dan komplikasi anti-kulitGambar aplikasi pelembab (unsplash.com/natinati)

6. Jangan lupa gunakan tabir surya di siang hari, meski di rumah, untuk kulit berjerawat, gunakan tabir surya dengan SPF 50 atau lebih rendah.

8 langkah untuk penggunaan yang benar dan komplikasi anti-kulitGambar penggunaan tabir surya (unsplash.com/nci)

7. Disarankan untuk tidak menggunakan produk yang mengandung alkohol, pewangi dan SLS (sodium lauryl sulfate) agar kulit tidak meregang dan menimbulkan jerawat.

8 langkah untuk penggunaan yang benar dan komplikasi anti-kulitPerawatan kulit bebas alkohol (unsplash.com/hristinhumephoto)

8. Jaga pola makan dengan menghindari makanan berlemak, tidur teratur dengan waktu tidur minimal tujuh jam sehari, selalu minum air putih.

8 langkah untuk penggunaan yang benar dan komplikasi anti-kulitGambar hidup sehat (unsplash.com/jsnbrsc)

Nah, itulah delapan langkah menggunakan skin care untuk kamu yang ingin merawat kulit wajah. Sebenarnya tidak terlalu rumit dan tidak membutuhkan banyak produk, yang penting cocok dengan kulit. Jika Anda konsisten dengan produk yang Anda gunakan, kulit Anda juga akan sehat dan bebas jerawat. Apakah Anda menggunakan perawatan kulit yang tepat?

5 Bahan Perawatan Kulit Ini Berbahaya Bagi Ibu Hamil, Hati-hati!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan wadah untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis.