7 manfaat niacinamide untuk kulit dan efek sampingnya

Jakarta

Niacinamide merupakan salah satu jenis vitamin B yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh, terutama kulit.

Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakannya sebagai bagian dari perawatan kulitnya. Pelajari lebih lanjut tentang fungsi, manfaat, dan efek sampingnya.

Apa itu niacinamide?

Nicotinamide atau niacinamide juga merupakan salah satu jenis vitamin B yang banyak ditemukan pada makanan seperti susu, ikan, telur, sayuran hijau, biji-bijian atau daging.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

Ketika terlalu banyak niacin di dalam tubuh, tubuh akan memproduksi niacinamide. Tubuh juga dapat mengubah asam amino (triptofan) menjadi niacinamide.

Niacinamide dapat ditemukan sebagai pembersih, pelembab, dan nutrisi multi-tugas yang membantu meningkatkan kesehatan kulit.

“Niacinamide merupakan bahan yang banyak ditemukan pada produk perawatan kulit untuk mencerahkan kulit, mencegah tanda-tanda penuaan, dan mengatasi kondisi seperti eksim atau jerawat,” jelas dokter kulit Dr. Alok Vij, dikutip dari situs Cleveland Clinic.

dokter. Niacinamide memiliki efek positif pada banyak kondisi kulit, kata Vij.

Salah satu fungsi niacinamide adalah membantu membuat keratin, protein yang menjaga kesehatan kulit.

Manfaat niacinamide

Secara keseluruhan manfaat niacinamide adalah dapat menjaga kesehatan kulit serta menjadikan kulit halus dan cerah. Pelajari lebih lanjut tentang manfaatnya di bawah ini.

1. Mencerahkan kulit dan membantu mengatasi flek hitam

Para ahli dermatologi sepakat bahwa niacinamide baik untuk mencerahkan kulit. Hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan niacinamide 5% dalam formula perawatan kulit juga membantu meringankan flek hitam.

Sebuah studi tahun 2016 yang dilakukan Patricia Farris MD dan rekannya dari Tulane University Medical Center, New Orleans, LA menemukan bahwa kombinasi pencerah kulit, termasuk retinol dan niacinamide, dapat mengurangi bintik hitam dan garis halus. Mereka juga meningkatkan kecerahan dan tekstur kulit.

2. Dapat membantu melindungi terhadap kanker kulit

Suplemen nikotinamida oral dapat membantu mencegah kanker kulit baru dan bintik-bintik prakanker pada beberapa orang.

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat ini.

Di sisi lain, secara umum masih dianggap aman digunakan dalam produk perawatan kulit.

“Saat ini Anda bahkan dapat menemukan niacinamide di beberapa tabir surya. Pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit sekaligus,” kata Dr. Baji.

2. Membantu mengecilkan tampilan pori-pori

Niacinamide membantu mengecilkan tampilan pori-pori. Selain itu juga dapat mengatur jumlah lemak yang diproduksi oleh kelenjar.

Dengan demikian, membantu mencegah jerawat dan pori-pori tersumbat.

4. Melembabkan kulit

Niacinamide dapat bertindak sebagai sebum barrier (lapisan air dan minyak yang melindungi kulit), sehingga sangat membantu dalam membantu mempertahankan kelembapan.

Ia juga mampu mencegah masuknya polutan dan kemungkinan iritasi yang membuat kulit lebih terhidrasi dan kurang sensitif.

5. Mengurangi garis halus dan kerutan

Karena merupakan jenis vitamin B, sifat antioksidannya dapat membantu melindungi kulit dan menyembuhkannya dari kerusakan. Misalnya karena penuaan, sinar matahari, dan stres.

Sebuah studi tahun 2004 oleh DL Bissett dkk., dari The Procter & Gamble Company, Cincinnati, AS, yang diterbitkan di National Library of Medicine, menemukan bahwa niacinamide topikal dapat memperbaiki garis-garis halus, kerutan, dan perubahan warna kulit.

6. Membantu mengobati jerawat

Menggunakan krim yang mengandung niacinamide rupanya bisa memperbaiki penampilan kulit, terutama bagi mereka yang menderita jerawat.

7. Menghilangkan kemerahan pada wajah

Niacinamide membantu mengurangi peradangan. Oleh karena itu dapat menghilangkan kemerahan akibat penyakit seperti eksim, jerawat dan rosacea.

Ia juga mampu menghilangkan kemerahan akibat pengelupasan yang kuat (retinol atau asam glikolat).

Bisakah niacinamide digunakan setiap hari?

Niacinamide dapat digunakan sekali atau dua kali sehari. Setelah pembersihan lembut, gunakan sepanjang rutinitas perawatan kulit Anda.

Untuk memaksimalkan manfaatnya, Anda bisa mengaplikasikan niacinamide setelah menggunakan pelembab.

Anda juga bisa memadukan serum niacinamide dengan pelembab, lalu mengaplikasikannya pada wajah dan leher secara bersamaan.

Efek samping niacinamide

Secara umum, niacinamide kemungkinan besar aman untuk kulit bila digunakan dengan benar. Namun, hal itu mungkin menimbulkan efek samping bagi mereka yang tidak fit.

Menurut laman kesehatan WebMD, berikut gejala-gejala yang menunjukkan krim niacinamide tidak cocok, artinya dapat menyebabkan:

  • Kulit merah
  • gatal
  • Reaksi alergi
  • Sedikit sensasi terbakar

Produk resep yang mengandung niacinamide aman jika dikonsumsi sesuai petunjuk. Suplemen atau makanan yang mengandung niacinamide aman jika dikonsumsi dengan dosis kurang dari 35 mg per hari.

Efek samping Niacinamide yang diakibatkan oleh penggunaan produk ini dapat menyebabkan:

  • sakit perut
  • kentut
  • sakit kepala (pusing)
  • urtikaria

Itulah beberapa ulasan mengenai niacinamide, mulai dari manfaat, efek samping, hingga cara penggunaannya.

Menonton video”Bukan Sekedar Apotek, Ini Wajah Baru Kimia Farm
[Gambas:Video 20detik]
(khq/inf)







Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *