7 deretan manfaat peptida dalam perawatan kulit, salah satunya untuk mengatasi jerawat.

Jakarta, iNewsKarawang.id – Peptida atau peptida adalah salah satu zat yang termasuk dalam kelompok asam amino. Peptida ini biasanya bekerja untuk merangsang kolagen yang dapat menjaga elastisitas kulit.

Peptida adalah zat yang membuat protein di dalam tubuh kita, termasuk kolagen di kulit. Padahal, tubuh secara alami menghasilkan kolagen. Namun seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang.

Saat tubuh mengalami kekurangan kolagen atau kehilangan kolagen, wajah menjadi keriput, kuku menjadi rapuh dan rambut mudah patah karena kering. Perlu dicatat bahwa peptida memiliki cara kerja yang lebih rumit. Kehadirannya merupakan pertanda bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki.

Selain itu, peptida memiliki molekul yang lebih kecil sehingga mudah diserap oleh tubuh. Peptida juga lebih mudah menembus kulit dan usus, sehingga dapat masuk ke aliran darah lebih cepat.

Rutin menggunakan skin care yang mengandung peptida memiliki banyak manfaat, mulai dari mencegah penuaan dini hingga membantu mengatasi jerawat. Berikut penjelasan lengkapnya seperti dilansir KlikDokter:

Ini memperlambat penuaan

Produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Akibatnya, kulit kendur membuat seseorang terlihat lebih tua. Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkan nutrisi atau perawatan kulit yang dapat meningkatkan kekenyalan kulit. Anda dapat menggunakan peptida sebagai opsi untuk merangsang kolagen.

Nantinya, peptida dapat meningkatkan kekenyalan dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Dalam sebuah studi klinis yang melibatkan 22 wanita, ditemukan bahwa setelah dua minggu menggunakan peptida, terjadi peningkatan yang signifikan pada kerutan kulit.

Memperbaiki lapisan luar kulit

Kandungan peptida dalam produk perawatan kulit dapat membantu memperbaiki kondisi lapisan terluar kulit atau skin barrier. Lapisan kulit terluar bisa rusak akibat paparan sinar matahari, eksfoliasi berlebihan, paparan debu, polusi, atau asap rokok.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Dermatologi Kosmetik menunjukkan bahwa peptida mampu memperbaiki lapisan terluar kulit dalam penelitian laboratorium.

Meredakan peradangan

Peptida berguna untuk meredakan peradangan, memperbaiki kulit yang rusak, dan meratakan warna kulit. Untuk mengatasi radang wajah, selain menggunakan produk yang mengandung peptida, Anda juga bisa menggunakan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter dan diimbangi dengan pola makan yang sehat.

Mengatasi jerawat

Menjadi antimikroba, penggunaan peptida dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung peptida untuk mengatasi jerawat.

Perawatan jerawat yang paling utama adalah membersihkan wajah secara menyeluruh minimal dua kali sehari, menggunakan perawatan wajah khusus kulit berjerawat, dan menjaga asupan makanan agar jerawat tidak bertambah parah.

Melindungi kulit dari sinar matahari

Paparan sinar ultraviolet matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan tabir surya untuk mencegah kerusakan kulit. Selain tabir surya, Anda bisa membantu meningkatkan perlindungan kulit dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung peptida. Tindakan peptida juga dapat merangsang produksi melanin dan pigmen kulit.

Mengencangkan kulit

Peptida bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah. Selain menandakan produksi kolagen, peptida juga membentuk serat elastin. Elastin inilah yang membuat kulit terlihat lebih kencang dan lebih muda.

Sebuah penelitian dilakukan pada 18 wanita yang menerima minuman suplemen yang mengandung peptida. Hasilnya, ada peningkatan elastisitas dan hidrasi kulit yang signifikan serta pengurangan kerutan.

Mempercepat penyembuhan luka

Karena kolagen merupakan komponen penting dari kulit yang sehat, peptida juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Peptida dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

Itulah berbagai manfaat peptida bagi kulit agar tampak lebih muda. Saat ini sudah banyak produk perawatan kulit yang menggunakan bahan dasar peptida di dalamnya. Pastikan produk yang Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul tersebut 7 manfaat peptida dalam perawatan kulit, ampuh untuk anti aging

Editor: Bobby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *