7 cara efektif mengatasi lemak wajah berlebih

Jakarta

Beberapa ibu mungkin mengalami minyak berlebih di wajahnya. Jenis kulit seperti ini tentunya dapat menimbulkan masalah kulit baru seperti munculnya jerawat. Oleh karena itu, para ibu harus mengatasinya dengan beberapa cara yang efektif.

Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar gemuk Kulit menghasilkan sejumlah besar zat berminyak yang disebut sebum. Sebum menjaga kulit tetap halus dan melindunginya dari kelembapan berlebih, namun dapat membuat kulit menjadi berminyak dan jika berlebihan dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Ada berbagai macam penyebab kulit berminyak dan alasan tersebut dibagi menjadi dua kategori: alasan kesehatan dan faktor lingkungan.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten




Alasan kelebihan lemak di wajah

Alasan kesehatan yang dapat menyebabkan kulit berminyak antara lain proses yang terjadi di dalam tubuh seperti fluktuasi hormonal. Faktor lingkungan seperti kelembapan juga bisa menyebabkan kulit menjadi berminyak.

Faktor-faktor berikut merupakan kombinasi faktor yang menyebabkan kulit Anda memproduksi minyak berlebih:

1. Genetika

Ini mungkin berkontribusi pada produksi sebum. Biasanya, semakin besar pori-pori kulit, maka semakin banyak pula minyak yang dihasilkan. Ukuran pori-pori bisa berbeda-beda tergantung keluarga dan etnis.

2. Hormon

Hormon pertumbuhan dikaitkan dengan produksi sebum dan diyakini terkait dengan perkembangan jerawat. Hormon-hormon ini mencapai puncaknya pada masa remaja, yang biasanya ditandai dengan kelebihan sebum pada kulit.

3. Stres

Stres melepaskan banyak hormon ke dalam aliran darah. Salah satu hormon yang terkait dengan hormon ini adalah hormon pelepas kortikotropin, yang berikatan dengan kelenjar sebaceous pada kulit sehingga meningkatkan produksi sebum.

4. Diet tinggi glikemik

Pola makan kaya gula dan karbohidrat sederhana juga mungkin dikaitkan dengan peningkatan produksi sebum. Karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar hormon pertumbuhan dalam tubuh sehingga menyebabkan penambahan lemak.

5. Kelembaban

Kelembapan dapat meningkatkan keringat dan produksi minyak. Mereka yang tinggal di daerah beriklim lembab mungkin lebih rentan memiliki kulit berminyak.

7 cara efektif mengatasi lemak wajah berlebih

Bunda bisa mengatasi masalah kulit ini dengan melakukan perawatan rutin di rumah. Berikut beberapa cara mengurangi produksi minyak pada kulit:

1. Cuci muka secara teratur

Salah satu cara paling efektif mengatasi kulit berminyak adalah dengan mencuci muka dua kali sehari. Gunakan pembersih ringan dengan air setiap pagi dan sore hari, lalu bilas kembali setelah berolahraga berat.

Tidak perlu mencuci lagi karena dapat mengiritasi kulit dan menghasilkan lebih banyak minyak. Saat mencuci muka, gunakan gerakan memutar yang lembut, bukan menggosok.

2. Pelembab

Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tetapi menggunakan pelembab harian adalah cara penting untuk mengatasi kulit berminyak. Saat kulit terlalu kering, tubuh dirangsang untuk memproduksi lebih banyak minyak untuk melembabkannya.

Luncurkan dari halaman kesehatan yang sangat baik Carilah pelembab lembut bebas minyak dengan tabir surya dan gunakan setiap pagi.

3. Gunakan kertas penyerap

Gunakan kertas penyerap minyak sepanjang hari untuk menyerap minyak berlebih di sela-sela pembersihan. Produk ini sangat cocok untuk pembersihan saat bepergian. Oleskan dengan lembut pada wajah Anda dan usahakan untuk tidak menggosokkan kertas pada kulit Anda karena dapat menyebarkan minyak.

4. Hindari menyentuh wajah Anda

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah sebisa mungkin menghindari menyentuh wajah. Meski sulit untuk dipatuhi karena kebanyakan dari kita sering menyentuh wajah tanpa menyadarinya, Anda tetap perlu mencobanya.

Pasalnya, tangan dapat memindahkan kotoran, minyak, dan bakteri ke wajah sehingga menyebabkan penumpukan minyak.

5. Masker tanah liat

Masker tanah liat mungkin bermanfaat untuk menyerap minyak berlebih di wajah. Tergantung pada jenis tanah liat yang Anda pilih, masker ini dapat mengeluarkan minyak dari pori-pori Anda dan menghilangkannya saat Anda membilasnya.

Sebuah penelitian menunjukkan penurunan lesi jerawat yang signifikan pada orang yang menggunakan masker tanah liat minyak jojoba hingga tiga kali seminggu selama enam minggu.

6. Tambahkan teh hijau

Coba oleskan emulsi teh hijau pada kulit Anda. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan emulsi teh hijau tiga persen pada kulit dapat mengurangi produksi sebum secara signifikan.

7. Gunakan krim hidrokortison

Minyak berlebih pada kulit terkadang bisa menyebabkan kemerahan dan bercak bersisik. Krim hidrokortison yang dijual bebas dapat membantu mengatasi iritasi kulit serta mengurangi kemerahan dan kerak.

Nah, itulah beberapa cara efektif mengatasi lemak berlebih di wajah. Semoga membantu ya, Bu.

Bagi ibu-ibu yang menginginkannya membagikan Pertanyaan Mengasuh anak Dan Anda bisa mendapatkan banyak pemberian hadiahAyo Bergabung Pasukan Komunitas Hybunda. Daftar dan klik Di Sini. Bebas!

(seperti beberapa dari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *