7 Alasan Wajah Terlihat Tua Meski Berusia 20-an, Termasuk Terlalu Sering Berbaring

Jakarta

Penuaan bisa terjadi lebih cepat dari yang seharusnya. Dalam hal ini, ada beberapa penyebab atau kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan membuat wajah tampak tua di usia muda, katakanlah di usia 20-an.

Seiring berjalannya waktu, tubuh menua secara alami. Penuaan dini adalah ketika efek penuaan terjadi lebih awal. Hal ini terjadi ketika tubuh terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Tanda-tanda penuaan dini yang paling umum seperti kulit keriput, bintik-bintik penuaan, kekeringan, memudarnya warna kulit, hiperpigmentasi, rambut rontok, hingga wajah terlihat lebih tirus atau pipi cekung.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten




Dalam kebanyakan kasus, faktor-faktor yang dapat dikendalikan dan dicegah menyebabkan penuaan dini. Ini disebut penuaan ekstrinsik.

Tanda-tanda penuaan dini paling banyak muncul pada kulit, perubahan pada kulit terjadi seiring bertambahnya usia. Jika muncul sejak dini, penyebabnya bisa karena faktor lingkungan atau gaya hidup.

7 Alasan Kenapa Wajah Terlihat Tua Meski Masih Muda

Berikut beberapa kebiasaan dan faktor lingkungan yang berkontribusi terhadap penuaan dini di usia 20-an:

1. Pola makan yang tidak sehat

Luncurkan dari halaman Klinik Cleveland, Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi gula atau karbohidrat olahan dapat menyebabkan penuaan dini. Di sisi lain, pola makan kaya buah dan sayur membantu mencegah perubahan kulit dini.

2. Sering-seringlah menggosok mata

Kantong di bawah mata merupakan bagian dari proses penuaan alami dan terjadi ketika otot di sekitar mata melemah.

Bagi kebanyakan orang, mengucek mata tidak menjadi masalah dan tidak akan menimbulkan efek samping permanen. Namun kebiasaan ini bisa menimbulkan masalah karena meningkatkan peradangan di area tersebut. Menggosok mata secara terus-menerus dipercaya dapat memengaruhi garis-garis di sekitarnya.

3. susah tidur

Tidur sangat penting untuk meningkatkan energi, konsentrasi dan kesehatan kulit. Pada malam hari, kulit mengalami regenerasi. Kurang tidur dapat terlihat di wajah Anda seiring berjalannya waktu.

Sebuah studi pada bulan Januari 2015 di Clinical and Experimental Dermatology yang melibatkan 60 wanita menemukan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan peningkatan tanda-tanda penuaan, fungsi penghalang kulit yang lebih buruk, dan penurunan kepuasan penampilan.

4. Minumlah melalui sedotan

siapa tahu? Menghirup sedotan juga membantu mengatasi penuaan dini. Hal ini menyebabkan garis-garis halus pada wajah.

Saat Anda minum melalui sedotan, Anda mengaktifkan otot-otot di sekitar bibir Anda. Semakin aktif otot-otot tersebut maka semakin besar kemungkinan terjadinya kerutan pada kulit.

5. Tidak menghapus riasan

hapus hapus dandan Itu salah satu hal yang membuat wajah terlihat lebih tua dari usianya. Penting untuk membersihkan semuanya dandan Gunakan handuk kertas atau pembersih apa pun yang sesuai.

Setelah itu, basuh wajah Anda dengan pembersih ringan untuk menghilangkan lapisan membandel dari pori-pori Anda. Deterjen dandan Biasanya berbahan dasar minyak, jadi langkah kedua adalah memastikan sisa minyak hilang dari kulit agar pori-pori terbuka penuh.

6. Sering-seringlah berbaring

Luncurkan dari halaman CNN Indonesia, Berbaring seringkali membuat Anda terlihat lebih tua. Hal ini dikarenakan tubuh yang aktif bergerak mendorong sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga distribusi nutrisi mencapai tingkat sel. Oleh karena itu, kulit akan menjadi lebih cerah, sehat dan kencang.

7. Tidak menggunakan tabir surya

Tabir surya Ini adalah sebuah seri perawatan kulit Yang terpenting produk ini berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari. Jika tidak dilupakan, sinar UV menghasilkan radikal bebas yang merusak kolagen, elastin, dan sel kulit itu sendiri.

Hal ini pada akhirnya menyebabkan penuaan dini pada kulit seperti munculnya kerutan dan flek hitam.

Nah, itulah beberapa penyebab wajah terlihat lebih tua dari usia Anda, meski Anda masih berusia 20-an. Semoga membantu ya, Bu.

Bagi ibu-ibu yang menginginkannya membagikan Pertanyaan Mengasuh anak Dan Anda bisa mendapatkan banyak hadiah, Ayo Bergabung Pasukan Komunitas Hybunda. Daftar dan klik Di Sini. Bebas!

(AS/fia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *