jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Sebanyak enam arbiter terpilih yakni Fariq Hitaba, Mohammad Khosfan, Mosleh Ehsan, Johandri Setiana, Ok Doi Putra, dan Aris Populing telah menyelesaikan seleksi putaran pertama evaluator wasit yang dilakukan PSSI di Jakarta. Sabtu (17/2) kemarin.

Melansir laman resmi PSSI, pada Minggu, rangkaian kursus dan seleksi wasit evaluator tahap pertama ditutup dengan agenda “role play” atau berperan dalam film kompetisi yang ditayangkan.

Beberapa film pertandingan disajikan kepada mereka oleh Pelatih Wasit FIFA Mohamed Rudzali untuk dianalisis bersama kemudian dijelaskan hasil analisisnya bersama Jimmy Napitopoulou, Porvanto, dan Agus Hariono.

Dalam agenda role play, satu orang berperan sebagai wasit evaluator, dua orang berperan sebagai wasit, dan dua orang lainnya berperan sebagai asisten wasit. Hal ini dilakukan secara bergantian, hingga keenamnya mempunyai kesempatan yang sama untuk bertindak sebagai wasit evaluator.

Salah satu wasit yang mengikuti kursus ini, Fariq Hitaba, mengatakan bahwa banyak ilmu yang didapat dari kegiatan role play ini dan berharap dapat menerapkan ilmu tersebut saat bekerja sebagai wasit evaluator.

“Sebagai penilai wasit, di Permainan peran Hari ini saya mendapatkan banyak ilmu dan wawasan tentang bagaimana saya akan bekerja sebagai wasit evaluator di masa depan. Fariq mengatakan: Oleh karena itu, kita harus terus melakukan pendekatan dan komunikasi secara profesional dengan wasit dan asisten wasit sebelum, saat istirahat, dan setelah pertandingan.

Sementara itu, salah satu pendamping kegiatan bernama Purwanto menjelaskan, keenam wasit tersebut akan dievaluasi kembali dan penilaiannya mencakup pemahaman teknologi informasi serta pemahaman hukum permainan.

“Siapa yang akan melanjutkan hingga akhir dan bergabung dengan peserta baru lainnya, namun nantinya kita berharap semuanya dapat melanjutkan hingga akhir dan mampu meningkatkan jumlah dan kualitas wasit di Indonesia,” jelas Purwanto.

Periode dan seleksi ini akan dilanjutkan dengan hadirnya beberapa wasit tambahan dan asisten wasit baru sebagai calon penilai wasit, dan keenam orang tersebut akan hadir dalam kegiatan tersebut hingga akhir. Pada tanggal 22 hingga 25 Februari 2024, masa seleksi dan evaluasi wasit akan dimulai kembali.

Selain itu, pada tanggal 26-29 Februari 2024 juga akan diadakan kegiatan akhir serupa untuk penerapan sistem tersebut. Untuk mengefektifkan kegiatan dan ilmu yang diberikan para pelatih FIFA, PSSI membaginya menjadi dua gelombang (pada 22-25 Februari dan 26-29 Februari 2024) dengan jumlah peserta kurang lebih 30 orang.

PSSI Targetkan Pemilihan Wasit Sesuai Standar Liga Inggris

Koresponden: Eldi Sultan
Redaktur: Hernavan Vahiodono
Hak Cipta © JurnalPagi 2024