5 Tips Eksfoliasi Aman dan Efektif, Penting Ketahui Jenis Kulitmu!

INDOZONE.ID – Eksfoliasi merupakan proses perawatan kulit yang bekerja dengan cara menghilangkan sel-sel kulit mati pada lapisan atas kulit

Cara perawatan kulit ini sangat membantu dalam membantu kulit terlihat lebih baik sekaligus melancarkan peredaran darah sehingga menghasilkan kulit tampak lebih sehat dan cerah.

Pengelupasan kulit secara teratur dan tepat dapat membantu mengangkat sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, memperbaiki tekstur kulit, dan menyerap produk perawatan kulit dengan lebih baik.

Berikut tips peeling kulit yang aman dan efektif yang bisa Anda dengar dan ikuti di rumah:

1. Pahami perbedaan antara eksfoliasi kimia dan fisik

Produk perawatan kulit untuk eksfoliasi (Freepik)

Eksfoliasi fisik merupakan eksfoliasi manual dengan cara mengangkat sel kulit mati pada lapisan permukaan kulit.

Jenis eksfoliasi ini meliputi penggunaan scrub yang mengandung partikel halus atau metode yang lebih agresif seperti dermaplaning.

Inilah 5 Tips Perawatan Kulit Eksfoliasi yang Harus Anda Ketahui!

Metode ini merupakan metode perawatan yang dilakukan oleh para profesional dan melibatkan penggunaan pisau bedah untuk mengikis sel kulit mati dan rambut wajah.

Sedangkan chemical peeling adalah peeling dengan batu yang bersifat asam seperti alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA) serta vitamin A (retinol).

Eksfoliasi ini bekerja dengan cara memecah sel kulit mati di permukaan kulit. Pengelupasan kulit ini adalah pilihan yang lembut, aman dan cocok untuk kulit yang menua. Produk yang bisa digunakan antara lain serum dan peeling.

2. Mulailah melakukan eksfoliasi secara perlahan

Gambar pengelupasan wajah (Freepik/wayhomestudio)

Eksfoliasi memang memberikan manfaat yang luar biasa bagi kulit, namun jika dilakukan secara berlebihan justru bisa berdampak buruk pada kulit.

Pada kulit dewasa, eksfoliasi berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan sensitif, serta tidak elastis.

Secara umum sesuai saran para ahli. Eksfoliasi fisik kulit menggunakan scrub dan masker sebaiknya hanya dilakukan seminggu sekali untuk menghindari iritasi.

Sedangkan untuk chemical peeling, meski lebih lembut dan aman bagi kulit, sebaiknya hanya dilakukan satu atau dua kali seminggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *