5 manfaat peptida dalam perawatan kulit, mencegah penuaan dan mengurangi kemerahan

Jakarta: Peptida tembaga menjadi sangat populer di dunia perawatan kulit akhir-akhir ini. Pasalnya, kandungan tersebut dipercaya mampu menjaga kulit tetap awet muda dan sehat.

Penting untuk diketahui bahwa peptida tembaga digunakan sebagai bahan utama dalam banyak produk perawatan kulit untuk mempercepat penyembuhan luka. Molekul kecil namun kuat ini terkenal karena kemampuannya yang luar biasa dalam meregenerasi kulit dan menjadi semakin populer karena kemampuannya membalikkan tanda-tanda penuaan.

Beberapa produk perawatan kulit yang mengandung peptida tembaga antara lain serum, pelembab, dan suplemen kolagen.

Melansir dari laman Health Shots, peptida adalah rantai asam amino, bahan penyusun protein, dan peptida tembaga mencakup penyertaan tembaga dalam struktur molekul ini.
Nah, peptida tembaga adalah fragmen protein kecil yang mengandung ion tembaga yang menempel pada peptida tersebut.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Science, senyawa ini secara alami terdapat di dalam tubuh dan berperan penting dalam berbagai proses fisiologis serta penting untuk regenerasi kulit dan penyembuhan luka.


(Peptida tembaga paling menonjol pada serum dan pelembab wajah. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Selain itu, masih ada lima manfaat peptida tembaga yang baik untuk kesehatan kulit, antara lain:

 

1. Meningkatkan produksi kolagen

Dermatolog Dr. Sheikha Khare mengatakan: Peptida tembaga merangsang pembentukan kolagen dan elastin, yang dapat meningkatkan tekstur dan kekencangan kulit serta mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

2. Kaya akan antioksidan

Sebagai antioksidan, peptida tembaga membantu menetralisir radikal bebas yang dapat merusak sel kulit dan mempercepat proses penuaan.

3. Membantu menyembuhkan luka

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BioMed Research, keberadaan tembaga dalam peptida ini mendukung proses penyembuhan alami kulit serta membantu memperbaiki jaringan dan luka yang rusak.

4. Efek anti inflamasi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Molecular Nutrition and Food Research, peptida tembaga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang terkait dengan berbagai kondisi kulit.

5. Perbaikan tekstur kulit

Peptida tembaga dapat memperbaiki tekstur kulit dengan meningkatkan produksi kolagen dan elastin, yang membuat kulit Anda lebih kencang. Bahan-bahan ini dapat membantu proses pembaharuan alami kulit dan mendorong regenerasi sel sehingga menghasilkan kulit tampak lebih halus.

Ingatlah bahwa peptida tembaga paling menonjol dalam serum dan pelembab wajah. Namun, tidak disarankan menggunakan pembersih yang mengandung peptida, karena efek apa pun akan hilang setelah digunakan.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita


(YYY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *