5 langkah perawatan kulit dasar bagi pemula agar tampak berseri



Skin care atau perawatan wajah merupakan salah satu hal yang penting bagi manusia, terutama bagi mereka yang menginginkan kulit glowing. Penggunaan produk perawatan kulit mampu menjaga kesehatan kulit dan menghindarkan kulit wajah dari berbagai masalah seperti kulit kusam hingga penuaan dini.

Namun, bukan berarti hanya mereka yang menginginkan kulit glowing atau hanya wanita saja yang boleh menggunakan skin care. Pria juga disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit, terutama yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi ekstrim dan iklim yang berisiko merusak kulit.

Penggunaan produk perawatan kulit tidak hanya ditujukan untuk orang dewasa, anak remaja yang memasuki masa puber pun membutuhkan perawatan kulit untuk mencegah masalah kulit seperti jerawat atau jerawat. Jadi, tidak perlu perawatan kulit yang rumit untuk memiliki kulit yang sehat dan bercahaya. Untuk pemula, mulailah dengan rangkaian perawatan kulit yang paling dasar.



Mengenal prinsip-prinsip perawatan kulit

Secara umum, perawatan kulit dasar adalah rangkaian aplikasi perawatan kulit yang paling dasar, yaitu pembersihan, pelembab, dan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari. Untuk pemula, sangat disarankan untuk menggunakan rangkaian perawatan kulit dasar terlebih dahulu sebelum mencoba produk yang lebih berat seperti minyak esensial. Hal ini dimaksudkan agar kulit tidak berjerawat, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif yang terbiasa menggunakan produk perawatan kulit dasar.

Menurut self.com, perawatan kulit dasar harus digunakan setiap pagi atau sore hari, mulai dari pembersih, pelembab, tabir surya (pagi) dan lainnya. Sangat penting untuk mengetahui langkah-langkah dasar perawatan kulit agar produk yang digunakan dapat tampil maksimal.

Langkah perawatan kulit dasar untuk pemula

Penggunaan produk perawatan kulit tidak boleh sembarangan. Ada langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memaksimalkan perawatan kulit wajah dan memberikan hasil yang diinginkan. Dilansir Healthline Page, berikut lima langkah dasar perawatan kulit untuk pemula.

1. Pembersih

Langkah pertama gunakan cleanser bersamaan dengan face wash atau sabun pembersih wajah untuk membersihkan kulit wajah dari debu, bekas make up dan polusi agar pori tidak tersumbat. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan double cleansing. Double cleansing adalah satu set pembersih wajah dengan dua langkah dan dua bahan yang berbeda.

Pada langkah pertama biasanya Anda menggunakan minyak (cleansing oil), susu (cleansing milk) atau air (micellar water) untuk membersihkan wajah dari riasan. Lalu, pada langkah kedua double cleansing, gunakan face wash atau sabun pembersih wajah saja.

2. Toner

Toner merupakan langkah kedua dalam perawatan kulit, yang berfungsi untuk menghilangkan sisa makeup dan minyak berlebih, menyeimbangkan tingkat pH kulit, membantu menutrisi kulit, dan mempersiapkan kulit untuk langkah perawatan kulit selanjutnya. Jenis toner terbagi menjadi dua kategori, yaitu: hydrating toner dan exfoliating toner.

Hydrating toner melembabkan kulit dan membuat kulit segar. Sedangkan exfoliating toner berguna untuk mengangkat sel kulit mati.

3. Kepalaku

Langkah utama ketiga perawatan kulit adalah kulit kepala. Serum sangat penting untuk kulit wajah, detikers bisa menyesuaikan penggunaan serum berdasarkan kandungannya dengan masalah kulit.

Sebelum menggunakan serum, perhatikan jenis pemakaiannya. Ini karena ada banyak jenis serum di pasaran yang cocok untuk semua jenis kulit. Ada berbagai jenis serum untuk mengatasi flek hitam di wajah, serum yang melembabkan kulit wajah, mengurangi lemak berlebih, mencegah penuaan dini, dll.

4. Pelembab

Langkah selanjutnya adalah moisturizer atau pelembab. Menggunakan pelembap dapat membantu mengontrol produksi minyak, menghaluskan tekstur kulit, dan meningkatkan kesehatan lapisan pelindung kulit.

Memilih jenis pelembap yang tepat juga penting, bagi yang memiliki kulit berminyak, gunakan pelembap yang ringan dan mudah diserap, seperti water atau gel base. Sedangkan bagi yang memiliki kulit kering bisa menggunakan pelembab yang lebih berat untuk memberikan kelembapan ekstra seperti krim.

Untuk memaksimalkan perawatan kulit, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis atau dokter untuk mengetahui produk yang cocok dengan jenis kulit Anda.

5. Sunscreen atau tabir surya

Langkah terakhir dan kunci dalam perawatan kulit adalah sunscreen atau tabir surya. Tabir surya yang harus digunakan secara rutin setiap pagi sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Karena sinar UVA dan UVB matahari dapat memberikan efek negatif pada kulit, seperti kulit kering, mencegah kanker kulit, sunburn (kulit terbakar sinar matahari) dan penuaan dini.

Manfaat perawatan kulit secara teratur

Setelah mempelajari langkah-langkah yang terlibat dalam penerapan perawatan kulit, beberapa dekorator mungkin menganggap langkah-langkah tersebut cukup merepotkan. Beberapa orang juga enggan menggunakan produk perawatan kulit karena alasan ini. Namun, jangan malas dan jangan pernah menggunakan produk perawatan kulit yang bersifat detic. Masalahnya, banyak sekali manfaat perawatan kulit secara rutin. Semuanya? Ini penjelasannya.

1. Menjaga kelembaban dan kesehatan kulit

Dengan menggunakan perawatan kulit dasar secara rutin, Anda dapat membangun fondasi kulit agar tetap ternutrisi, lembap, dan sehat. Kulit wajah yang ternutrisi tentunya akan terlihat lebih sehat, segar dan cerah.

2. Mengatasi masalah kulit

Masalah kulit dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, dengan perawatan kulit dasar, Anda bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari jerawat, jerawat, kerutan, mengontrol garis halus hingga flek hitam.

3. Mencegah masalah kulit

Manfaat yang terakhir adalah dengan menggunakan perawatan kulit dasar dapat membantu mencegah masalah kulit di kemudian hari. Hal ini dikarenakan kesehatan kulit selalu terjaga dan ternutrisi.

Berikut 5 langkah perawatan kulit dasar bagi pemula agar tampak berseri yang perlu Anda ketahui beserta manfaatnya. Semoga infonya bermanfaat, detikers!

Menonton video”Sensasi makan Raos Pisaan Euy, Dapur Istana Cimahi
[Gambas:Video 20detik]
(Desember/Desember)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *