5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Kulit Berminyak Perhatikan semuanya

Gambar. 5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Kulit Berminyak Perhatikan semuanya.

sang penulis: Tias Septiana

KONTAN.CO.ID – Banyak orang di Indonesia yang mempunyai masalah kulit berminyak, terutama di area wajah. Masalah ini seringkali menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada wajah.

Kulit berminyak tak hanya merusak penampilan, tapi juga bisa menimbulkan jerawat, komedo, dan pori-pori tersumbat.

Saat ini banyak sekali produk perawatan kulit wajah yang diklaim memberikan hasil maksimal seperti mengurangi masalah kulit berminyak.

Nenny Triastuti, dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya)berbagi 5 tips cara mengatasi masalah kulit berminyak secara alami.

Ups! Inilah 5 manfaat minum kopi hitam dengan kayu manis

1. Bersihkan wajah secara rutin

Menurut Nene, hal pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan wajah dua kali sehari. Dapat mengurangi kelebihan minyak pada kulit sekaligus membersihkan kulit wajah.

Menurut situs tersebut, ia menjelaskan: Gunakan air hangat saat mencuci muka di rumah dan lakukan pada pagi dan sore hari sebelum tidur. M.Surabaya.

2. Menggunakan produk perawatan kulit

Cara mengatasi kulit berminyak yang kedua adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit secara rutin. Menurutnya, sebaiknya rutin menggunakan produk perawatan kulit di rumah untuk mencegah lemak berlebih di wajah.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan toner bebas alkohol yang dapat mengurangi sifat berminyak dan melembabkan kulit.

Selain itu, membersihkan wajah dengan toner dapat mengangkat kulit mati, kotoran dan juga meminimalkan masalah pori-pori. Lakukan dengan menggosokkannya secara lembut pada wajah Anda.

Langkah selanjutnya, Anda bisa melanjutkan penggunaan masker alami. Bahan maskernya bisa berupa madu, multani mitti, oatmeal, dan tomat.

Masker dengan bahan alami ini mampu mengontrol kadar sebum wajah. Nani yang juga merupakan seorang cosmetologist mengatakan, Jangan lupa untuk menggunakan pelembab wajah untuk menjaga kelembapan kulit dan juga menggunakan krim siang untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

3. Sesuaikan pola makan Anda

Langkah selanjutnya adalah mengatur pola makan sehat dan menghindari makanan berlemak. Seseorang dapat menghindari makanan pedas, manis dan gorengan, karena makanan tersebut dapat meningkatkan produksi lemak pada kulit.

Hindari makanan tersebut untuk sementara dengan mengonsumsi makanan sehat seperti susu, sayur mayur dan vitamin yang cukup. Ditambahkannya, imbangi juga dengan mengonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, daging, dan telur.

8 manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kulit wajah yang tidak boleh diabaikan

4. Minum banyak air

Cara mengatasi kulit berminyak yang keempat adalah dengan banyak minum air putih.

Mengonsumsi air mineral dapat menjaga kulit tetap terhidrasi sekaligus mencegah produksi minyak dan sebum berlebih. Seseorang bisa mengonsumsi 7 hingga 8 gelas sehari.

5. Gunakan riasan tipis

Langkah terakhir untuk mengurangi lemak kulit adalah dengan menggunakan riasan tipis. Gunakan riasan tipis saat keluar rumah.

Neni menjelaskan, Tidak perlu berlebihan, karena penggunaan riasan yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori wajah, menghasilkan minyak, serta menimbulkan jerawat dan komedo.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *