jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024
Jakarta

Lokasi jerawat tertentu dapat memberikan petunjuk tentang apa yang terjadi di dalam tubuh Anda. Dalam hal ini, jerawat di wajah dan tubuh memiliki arti berbeda yang bisa menandakan adanya gangguan kesehatan.

Misalnya, jerawat di dagu mungkin berarti hormon Anda sedang berfluktuasi, seperti sebelum menstruasi. Teknik menghubungkan titik-titik Merusak ke bagian tubuh tertentu dikenal sebagai pemetaan wajah.

Anda mungkin memperhatikan bahwa jerawat sering kali muncul di tempat yang sama, seperti pipi, dagu atau rahang, dahi, dan zona T. Untuk itu, Anda memerlukan panduan untuk membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab jerawat di berbagai bagian wajah dan tubuh

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten




Penyebab jerawat

Luncurkan dari halaman kesehatan, Bakteri, minyak berlebih, dan sel kulit mati menyumbat kelenjar minyak dan menyebabkan jerawat. Kelenjar ini menghasilkan sebum atau minyak. Ada berbagai jenis jerawat, termasuk komedo, kista, jerawat, nodul, dan komedo putih.

Penyebab timbulnya jerawat bermacam-macam, seperti:

  • Beberapa produk perawatan rambut dan kulit: produk yang tidak Non-komedogenikArtinya produk tersebut mengandung bahan yang menyumbat pori-pori dan meningkatkan risiko timbulnya jerawat.
  • Perubahan hormonal: Perubahan hormonal yang disebabkan oleh siklus menstruasi, kehamilan atau menopause dapat menyebabkan lebih banyak jerawat dari biasanya.
  • Diet: Makanan berlemak dan manis bisa menyebabkan jerawat.
  • Genetika: Anda mungkin berisiko tinggi terkena jerawat jika anggota keluarga juga memiliki kondisi kulit ini.
  • Stres: Saat stres, tubuh melepaskan lebih banyak androgen dari biasanya. Androgen merangsang kelenjar sebaceous, yang meningkatkan produksi sebum dan menyebabkan jerawat
  • Iritasi kulit: tidak menghapus riasan sebelum tidur, berkeringat, menyentuh wajah, dan mengenakan pakaian ketat dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan noda.
  • Kondisi kesehatan: Terkadang jerawat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang tidak terdiagnosis.

Lokasi jerawat mungkin menunjukkan jenis jerawat yang Anda alami, misalnya jerawat hormonal. Baca terus untuk mengetahui apa saja penyebab jerawat di bagian mana pun di wajah dan tubuh Anda.

1. dahi

Jika Anda tidak mencuci rambut secara teratur, minyak dari rambut dapat berpindah ke dahi dan menyebabkan jerawat. Penyebab lain jerawat di dahi mungkin termasuk produk rambut tertentu, fluktuasi hormonal, dan stres.

Kosmetik jerawat Menjelaskan jerawat yang disebabkan oleh produk rambut, serta kosmetik dan produk perawatan kulit. Menghentikan penggunaan produk rambut penyebab jerawat akan membantu menghilangkan komedo di dahi.

Apapun penyebab jerawat, jerawat yang membandel di dahi sebaiknya segera diperiksakan ke dokter kulit.

2. Spesies

Jerawat di pipi bisa menjadi tanda konsumsi gula yang tinggi. Mengonsumsi makanan yang tidak menaikkan gula darah dengan cepat bisa mengurangi jerawat. Membatasi asupan gula bisa menghilangkan jerawat di pipi.

Menjauhkan ponsel dari wajah Anda juga dapat membantu mencegahnya. Itu karena ponsel terkenal membawa kuman, dan layarnya menempel di wajah Anda, sehingga mengumpulkan minyak dan riasan. Ingatlah untuk membersihkan ponsel Anda secara teratur dengan tisu desinfektan untuk mencegah penyebaran kuman ke kulit Anda.

3. Zona-T

Zona-TTermasuk dagu, dahi, dan hidung, biasanya memiliki lebih sedikit lemak dibandingkan bagian wajah lainnya. Terdapat peningkatan jumlah kelenjar sebaceous di area tersebut. Akibatnya, Anda mungkin melihat komedo.

Riasan yang digunakan juga bisa menimbulkan jerawat di area tersebut. Dalam beberapa kasus, pori-pori pasien tersumbat karena tidak menggunakan kosmetik Non-komedogenikArtinya, tidak menutup pori-pori.

4. Dagu

Hormon seringkali menjadi penyebab jerawat di dagu dan rahang, atau hormon seks pria seperti testosteron menyebabkan jerawat hormonal. Androgen dapat merangsang kelenjar sebaceous untuk meningkatkan produksi minyak sehingga menyumbat pori-pori.

Anda mungkin mengalami lebih banyak jerawat dari biasanya sebelum menstruasi karena fluktuasi hormonal. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 menemukan bahwa hampir 85 persen wanita melaporkan mengalami jerawat beberapa hari sebelum menstruasi.

5. Punggung, lengan dan paha

Luncurkan dari halaman RD, Fluktuasi hormonal dan genetik seringkali menjadi penyebab utama munculnya jerawat di punggung, lengan, dan paha, sehingga mengendalikan jerawat di sini bisa sangat sulit.

Selain itu, kain basah akibat keringat yang bergesekan dengan kulit dapat menyebabkan iritasi dan jerawat.

Oleh karena itu, para ibu disarankan untuk mengurangi tekanan saat membawa ransel atau tas yang dapat menimbulkan gesekan dan jerawat. Kenakan pakaian yang bersih dan tidak terlalu ketat. Periksa sabun dan gel mandi, losion tubuh, pembersih, dan tabir surya untuk mengetahui bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori seperti minyak alami.

Nah, itulah beberapa pengertian jerawat yang muncul di wajah dan tubuh. Semoga membantu ya, Bu.

Bagi ibu-ibu yang menginginkannya membagikan Pertanyaan Mengasuh anak Dan Anda bisa mendapatkan banyak pemberian hadiahAyo Bergabung Pasukan Komunitas Hybunda. Daftar dan klik Di Sini. Bebas!

(Harapan)