jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

Alpha Arbutin adalah bahan perawatan kulit aktif yang cocok untuk semua jenis kulit. Tidak seperti kebanyakan bahan aktif perawatan kulit yang tidak cocok dan bahkan dilarang digunakan dengan retinol atau bahan aktif lainnya, Anda dapat melakukan pengelupasan alfa-arbutin secara bersamaan.

Selain itu, alfa-arbutin memiliki efek samping yang minimal jika digabungkan dengan produk aktif lainnya. Berikut beberapa penjelasan mengapa Alpha Arbutin sangat direkomendasikan Lapisan perawatan kulit Untuk kulit apapun.

1. Alpha Arbutin diperoleh dari ekstrak alami yang dikeringkan

Gambar buah blueberry (unsplash.com/@elisabethjoly1)

Bahan baku pembuatan alpha-arbutin adalah ekstrak alami bearberry, blueberry, kulit pir, gandum dan blueberry, yang dihasilkan oleh senyawa hidrokuinon. Hydroquinone sendiri merupakan zat untuk menghambat enzim tyrosinase yang berfungsi menghasilkan pigmen melanin pada kulit. Sayangnya, hydroquinone tidak cocok untuk kulit kering dan sensitif.

Berbeda dengan kandungan alpha-arbutin yang lebih efektif dan stabil dibanding zat lain untuk mencegah pembentukan melanin dan cocok untuk semua jenis kulit. Karena alpha-arbutin merupakan turunan dari hydroquinone yang ringan, mudah diserap, dan tidak mengiritasi kulit. Oleh karena itu, lebih aman dibandingkan zat lain yang ada di dalam senyawa hydroquinone itu sendiri. Alpha Arbutin adalah alternatif yang direkomendasikan.

2. Kandungan skin care tidak menghilangkan manfaat produk skin care lainnya saat eksfoliasi

Gambar Perawatan Kulit (unsplash.com/@maddibazzocco)

Alpha Arbutin memiliki khasiat penyembuhan bekas jerawat dan mencerahkan warna kulit pada tipe sensitif. Karena zat dalam alpha-arbutin tidak menyebabkan iritasi saat digunakan bersama produk perawatan kulit lain yang memiliki fungsi serupa. Seperti kandungan niacinamide, retinol, kojic acid, dan vitamin C yang memiliki fungsi mencerahkan kulit, alpha-arbutin tidak mengganggu efektivitas bahan aktif pada lapisan perawatan kulit lainnya.

Alpha Arbutin diserap dengan lembut dan bekerja dengan baik dengan bahan pencerah perawatan kulit lainnya, membuatnya aman untuk digabungkan dengan berbagai agen pencerah kulit dan penyamar bekas luka jerawat. Namun, karena sifatnya yang alami, perawatan kulit yang mengandung alpha-arbutin bertahan sekitar 2 bulan lebih lama dari bahan ampuh lainnya. Ini worth it banget, karena bahan-bahannya tentu saja aman untuk kulit.

8 langkah penggunaan yang benar dan mencegah komplikasi kulit

3. Saat melakukan eksfoliasi dengan produk alpha-arbutin lainnya, tidak menimbulkan komplikasi

5 Alasan Perawatan Kulit Alpha Arbutin memiliki efek samping minimal saat eksfoliasiGambar penggunaan krim wajah (unsplash.com/@cheyennedoig)

Ada beberapa produk perawatan kulit yang melarang penggunaannya bersamaan dengan produk perawatan kulit dengan bahan aktif sejenis. Hal ini dikhawatirkan menyebabkan iritasi, kemerahan, kulit kering, perih atau perih akibat pengelupasan yang berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Dengan harapan akan lebih efektif justru sebaliknya. Saya yakin tidak semua orang menginginkan hal itu, bukan? Mungkin hasil yang diinginkan seperti sel kulit mati terangkat dan bekas jerawat hilang, namun sel kulit terus mengelupas sehingga menimbulkan kulit merah dan iritasi. Tentu saja, jika menyentuh kulit, itu menyebabkan rasa sakit.

Alpha Arbutin sangat aman untuk dipadukan dengan toner, serum, atau pelembab yang juga mengandung Alpha Arbutin. Semakin optimal, semakin efektif tanpa eksfoliasi berlebihan, tanpa iritasi dan kemerahan. Sebagian besar konsentrasi alfa-arbutin 2%-5% masih aman untuk digunakan. Dan persentase ini kebanyakan berlaku untuk serum wajah, sedangkan kebanyakan toner hanya menggunakan 1% kandungan alpha-arbutin.

4. Alpha Arbutin aman digunakan di bawah sinar matahari

5 Alasan Perawatan Kulit Alpha Arbutin memiliki efek samping minimal saat eksfoliasiGambar eksposur (unsplash.com/@sunnysmng)

Salah satu dari banyak manfaat alpha-arbutin yang disukai adalah efek samping yang minimal saat terkena sinar matahari. Selain itu, kandungan alpha-arbutin juga dapat mencerahkan wajah tanpa membuat kulit iritasi, mengurangi hiperpigmentasi, flek hitam, memudarkan bekas jerawat, dan melindungi dari sinar matahari. Namun, kita tetap harus meminimalkan sinar matahari langsung dan tempat panas agar efektivitas senyawa tersebut tidak berkurang.

Produk yang mengandung alpha-arbutin tidak menimbulkan masalah serius jika terkena sinar matahari langsung, namun jika terus-menerus terpapar sinar matahari, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Rutinitas harian Anda membuat Anda tidak berguna. Perawatan kulit yang mengandung alpha-arbutin baik digunakan dua kali sehari, pagi dan sore, untuk hasil yang optimal.

5. Penggunaan alpha-arbutin sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kulit pengguna tanpa jerawat

5 Alasan Perawatan Kulit Alpha Arbutin memiliki efek samping minimal saat eksfoliasiGambar wajah bersih (unsplash.com/@anamnesis33)

Alpha Arbutin bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Perlu diketahui bahwa Alpha Arbutin tidak cocok untuk kulit yang masih berjerawat. Artinya, untuk menggunakan produk skin care yang mengandung alpha-arbutin, Anda harus mengatasi masalah jerawat wajah terlebih dahulu dengan skin care untuk wajah berjerawat. Setelah mengatasi masalah jerawat, Anda bisa beralih ke perawatan kulit yang mencerahkan kulit dan menghilangkan jerawat.

Tahapan mencerahkan kulit dan menghilangkan jerawat biasanya melibatkan eksfoliasi atau eksfoliasi. Pengelupasan menyebabkan lebih banyak jerawat daripada menyembuhkannya. Inilah mengapa bahan aktif alpha-arbutin tidak cocok untuk kulit yang masih berjerawat cukup parah, seperti jerawat batu atau lainnya. Jika kulit Anda masih menunjukkan hanya satu atau dua jerawat ringan, Anda dapat menggunakan produk alfa-arbutin sebagai rutinitas.

Sebelum menggunakan produk pencerah kulit apapun, sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kulit terpercaya terlebih dahulu untuk mengenal kulit Anda. Atau pastikan wajah Anda sembuh dari jerawat.

6 Rekomendasi Perawatan Kulit yang Mengandung Ekstrak Bunga Camellia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan wadah untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis.