jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

KOMPAS.com – Eksim (dermatitis atopik) adalah penyakit kulit genetik yang menyerang sekitar 1 dari 10 orang dengan gejala kulit kering, bersisik atau sering menyerupai ruam.

Sejauh ini, belum ada obat yang benar-benar bisa menghilangkan eksim selamanya.

Namun, ada produk perawatan kulit tertentu yang bisa digunakan untuk meredakan gejala sekaligus meminimalkan munculnya kondisi pada kulit.

sekarang,Sebagai informasi lebih lanjut, para ahli juga merekomendasikan empat bahan untuk dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda yang dapat meredakan gejala eksim.

Pengobatan Eksim dengan Mandi Oatmeal, Bagaimana Caranya?

1. Ceramide

Ceramides, sering ditemukan dalam pelembap, adalah zat yang dapat membantu mempertahankan kelembapan dalam kondisi seperti eksim.

Ceramide bertindak sebagai lem yang membantu menyatukan sel-sel kulit, yang membantu melindungi kulit dari stresor eksternal dan mencegah kehilangan air.

Ini adalah kisah seorang dokter kulit, Dr. Marisa Garshick, MD, FAAD.

Dijelaskannya: Zat ini penting karena membantu penghalang alami kulit, sehingga dapat membantu melindungi kulit dari iritasi dan faktor lain yang memperparah kulit, serta mencegah kehilangan air, mencegah kelembaban.

Menemukan pelembab tanpa pewangi atau losion wajah yang mengandung ceramide sangat ideal untuk menjaga kulit tetap terhidrasi pada kulit yang rawan eksim.

2. Oatmeal koloid

Eksim seringkali terasa gatal, bersisik, dan sangat tidak nyaman.

Benarkah Eksim Mempengaruhi Kesehatan Seksual?

Jadi, oatmeal koloid atau oatmeal bubuk adalah bahan yang bagus untuk membantu meredakan iritasi yang disebabkan oleh eksim, lihat pelembab.

Oatmeal memiliki manfaat anti-inflamasi dan juga berfungsi sebagai emolien, yang membantu melembutkan kulit, kata Garchik.

3. Pelembab

Bahan lain yang dapat meningkatkan kemampuan kulit Anda untuk mempertahankan kelembapan adalah pelembap.

Zat ini sering ditemukan dalam bentuk serum, tetapi juga dapat muncul dalam lotion.

Beberapa contoh termasuk gliserin atau asam hialuronat, yang dapat menahan hingga 1.000 kali beratnya dalam air, catat Garczyk.

Menurutnya, menggunakan serum yang mengandung asam hialuronat sebelum tidur dapat melembabkan kulit secara mendalam dan membantu meringankan munculnya eksim pada kulit.

Anak autis biasanya memiliki gejala eksim yang buruk

4. Oklusi

Kulit yang rentan terhadap eksim kehilangan kelembapan dengan mudah.

Oleh karena itu, menggabungkan produk yang dapat bertindak sebagai penghalang pada kulit dapat membantu menahan kelembapan di bawah permukaan dan mengurangi kemerahan, pengelupasan, dan gatal.

“Pengemulsi seperti Vaseline membantu menciptakan penghalang untuk melindungi kulit dari iritasi eksternal, membantu mempertahankan kelembapan dan meningkatkan hidrasi,” kata Garczyk.

Karena penderita eksim sering kali memiliki penghalang kulit yang rusak, hal ini membuat kulit mereka lebih rentan terhadap hilangnya kelembapan yang berujung pada kekeringan.

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi dan Dihindari Penderita Eksim

Ia menjelaskan: Zat-zat tersebut juga dapat membantu meningkatkan hidrasi dan kelembapan, sehingga dapat mencegah kekeringan pada kulit secara keseluruhan.


Dapatkan pembaruan Berita terpilih Dan berita terkini Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link nya lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.