33 personel Polri mencapai keberhasilan dalam misi penjaga perdamaian UNMISS

Jakarta (JurnalPagi) –

Sebanyak 33 personel Polri bertugas sebagai Pribadi POLISI Petugas (IPO) menunjukkan dirinya dengan meraih penghargaan dari pejabat misi penjaga perdamaian Misi PBB di Sudan Selatan (TIDAK LEWATKAN) untuk membantu menjaga perdamaian di wilayah Sudan Selatan.

Kepala Departemen Hubungan Internasional, Irjen Pol. Dalam keterangannya yang dibagikan kepada JurnalPagi di Jakarta, Kamis dini hari, Krishna Murthy mengatakan penghargaan tersebut diberikan oleh Komisaris Polisi UNMISS UNPOL Christian Fussen di Rumah Misi PBB, Juba, Sudan Selatan, waktu setempat.

Pada acara penganugerahan kepada 33 UNPOL Indonesia, Komisaris Polisi UNMISS UNPOL Christian Fossen menyambut baik dan mengapresiasi peran serta dan kehadiran Mabes Polri di wilayah misi yang dipimpin Irjen Pol. Krishna Murthy.

Menurutnya, menghadiri Upacara Penganugerahan Medali TNI Polri di UNMISS sebagai bentuk dukungan kepada UNPOL Indonesia guna mendorong prestasi dan kinerja mereka di wilayah misi tentunya akan mempengaruhi keikutsertaan mereka di UNMISS.

Fusen juga menyampaikan bahwa seluruh UNPOL Indonesia mempunyai kontribusi nyata terhadap UNMISS dan hal ini sesuai dengan bentuk persiapan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia, dalam hal ini Divhubinter Polri khususnya melalui pelatihan-pelatihan untuk menjamin kualitas personel dan memenuhi kemampuan. Persyaratan UNPOL yang bertugas di wilayah misi.

“Capaian UNPOL Indonesia sangat penting bagi UNMISS baik dalam bidang administrasi, pengembangan kapasitas khususnya di bidang operasional, terutama dalam persiapan UNMISS untuk mendukung pemilu yang diselenggarakan oleh pemerintah Sudan Selatan,” kata Fosen.

Prestasi yang diraih IPO Polri antara lain merupakan penguji masa depan pasukan penjaga perdamaian dari negara-negara peserta. Membantu mengevakuasi korban bentrokan antarsuku di Malakal pada 28 Mei 2023; Menyelenggarakan workshop/lokakarya edukasi bagi kepolisian setempat; Menyita ratusan senjata api dan senjata milik warga sipil, dan mengarahkan penggeledahan dan penyitaan, dengan sasaran ratusan liter Marisa (minuman keras lokal) ganja.“Kedamaian dimulai dari saya.”

Kemudian, program kampanye perdamaian antar suku yang bertikai. Pembangunan sumur gali untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat setempat, sumbangan peralatan olah raga kepada masyarakat setempat.

Selain capaian di bidang tersebut, capaian yang tidak kalah pentingnya adalah: perencanaan, perencanaan operasi misi, pengembangan kapasitas kepolisian daerah, audit internal, manajemen sumber daya manusia, staf ahli pimpinan otoritas misi.

Fussen juga mengapresiasi kesetaraan gender dalam pengerahan personel kutub untuk berperan sebagai IPO kutub dalam misi penjaga perdamaian PBB.

Kadiv Humas Polri Irjen Paul. Krishna Murthy yang hadir dalam acara penghargaan tersebut mengapresiasi para pejabat misi yang telah memberikan penghargaan kepada personel Polri.

Menurutnya, penghargaan ini memperkuat komitmen Indonesia untuk berperan aktif dalam misi penjaga perdamaian global.

Komitmen Indonesia untuk berpartisipasi dalam misi penjaga perdamaian PBB sangat serius dan akan terus mempersiapkan personel dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam misi ini, kata Krishna.

Prestasi internasional ini bukan kali pertama. Pada November 2023, Brigjen Renita Rismanti menerima Penghargaan Polisi Wanita Terbaik PBB.

Pada tahun 2011, penghargaan serupa juga diberikan kepada perempuan Polvan Poleri.

Kemudian, pada Agustus 2023, tiga personel Polri menjadi lulusan terbaik Akademi Kepolisian Nasional Turki.

Bahkan Brigjen Polisi (Bripto) Tiara Nisa Zulbideh, salah satu wisudawan terbaik mewakili mahasiswa dari 16 negara, membacakan pidato wisuda pada acara wisuda yang dihadiri Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Kemudian, Brigtar Helena Florentina meraih juara pertama kompetisi esai pada sesi ke-10 Konferensi Negara Anggota UNDAC (CoPS10) di Amerika Serikat.

Selain itu, Brigtutar Althafandika Yaqzhan dan Brigtutar Prasna Daniswara berhasil meraih Juara I International Conference of Police Professionals (IUCP All Asia in South Korea).

Koresponden: Lili Rahmavati
Editor: Eddie M.Jacob
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *