10 unit pemadam kebakaran berhasil memadamkan api besar di Cinta Asih Bandung

KOTA BANDUNG (JurnalPagi) – Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung (Diskar PB) mengerahkan 10 unit pemadam kebakaran untuk menangani kejadian kebakaran di kawasan pemukiman padat penduduk di kawasan Cinta Asih, Desa Cibangkong, Kecamatan Batununggal.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Kebakaran dan Penyelamatan Bandung PB Diskar, M Yusuf Hidayat mengatakan, pihaknya mendapat laporan adanya kebakaran pada pukul 03.30 WIB dan berhasil dipadamkan pada pukul 07.00 WIB.

Enam Unit Pemadam Kebakaran Padamkan Kebakaran Besar di Braga, Bandung

Dari hasil pendataan sementara Diskar PB Kota Bandung terhadap kejadian kebakaran di kawasan Cinta Asih, ada 12 unit rumah yang terbakar, kata Yusuf di Bandung, Minggu.

Yusuf mengatakan, petugas yang mendapat laporan dari warga pun bergegas menuju lokasi kejadian untuk memadamkan kejadian tersebut dengan mengerahkan langsung 10 unit pemadam kebakaran karena api menyebar dengan sangat cepat, terutama di kawasan pemukiman padat penduduk.

Dikatakannya, 10 unit dari markas barat, selatan dan tengah dikerahkan dalam kejadian kebakaran pagi ini.

Diakuinya, saat kejadian ini petugas kesulitan memadamkan api hingga ke lokasi kebakaran, karena sulitnya akses mobil pemadam kebakaran.

“Jalannya sulit diakses, mobil tidak bisa masuk. Dia berkata: Jarak dari unit mobil ke tempat itu hampir 800 meter, jadi kami mengerahkan selang ke stasiun pemadam kebakaran.

Terkait penyebab kebakaran, petugas baru akan menyelidiki penyebab kebakaran setelah api berhasil dipadamkan.

“Kecurigaan tersebut belum bisa kami usut saat ini karena fokus kami pada pemadaman dan penanggulangan agar api tidak menjalar ke bangunan lain,” kata Yusuf.

Selain itu, Yusuf mengimbau masyarakat mewaspadai kebakaran pada bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, karena aktivitas rumah tangga lebih sering dilakukan dibandingkan hari-hari biasa.

Kementerian Dalam Negeri menyetujui 525 relawan pemadam kebakaran Kota Bandung

Pengiriman 12 Mobil Pemadam Kebakaran untuk Memadamkan Api Pabrik Spinning

Ia menambahkan, kebakaran sering terjadi karena pemilik rumah lupa mengontrol kompor gas atau peralatan listrik setelah memasak makanan puasa atau setelah memasak sahur.

Beliau mencontohkan: Maka berhati-hatilah untuk tidak menyalakan listrik atau kompor gas pada saat sahur dan berbuka, saat keluar rumah, apalagi saat hendak salat Tarawih.

Koresponden: Robbie Jovan Primananda
Redaktur: Endang Sukarelawati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *