10 alasan tak terduga mengapa kulit Anda kering

Meski kulit kering biasanya dikaitkan dengan faktor-faktor seperti cuaca dingin, terlalu banyak sinar matahari, atau penggunaan produk perawatan kulit yang salah, ada faktor lain yang mungkin tidak Anda sadari.

Pengaturan Kesehatan sehari-hariBerikut sepuluh alasan tak terduga mengapa kulit Anda kering. Perhatikan faktor penyebab kulit kering agar Anda bisa mengambil langkah tepat dalam merawatnya.

1. Parfum mengiritasi kulit

Produk yang mengandung pewangi dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit, oleh karena itu hindari produk perawatan kulit yang mengandung pewangi. Anda bisa mengecek daftar bahan yang ada tulisan “fragrance free” atau bahan tanpa pewangi apa pun.

2. Sabun yang tidak tepat dapat menyerap kelembapan dan menyebabkan kulit kering

Sabun, deterjen, dan sampo yang tersedia secara komersial dapat membuat kulit dehidrasi karena diformulasikan untuk menghilangkan minyak. Jadi sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih sabun yang Anda gunakan.

3. Genetik

Pengaturan Kesehatan sehari-hariPeneliti mengatakan kulit kering bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Mutasi pada gen yang mengendalikan produksi protein filaggrin, yang terlibat dalam pembentukan dan hidrasi pelindung kulit, dapat mempengaruhi kondisi kulit.

Jika kulit Anda selalu kering atau ada anggota keluarga Anda yang mengalaminya, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab setiap hari.

4. Air sadah

Jika air keran mengandung mineral dengan konsentrasi tinggi seperti magnesium dan kalsium, maka air tersebut disebut air sadah. Mineral tersebut dapat meninggalkan lapisan yang mengeringkan kulit

Logam berat mengubah minyak pada kulit menjadi zat kental yang menyumbat kelenjar, memperburuk kondisi, dan menghambat penyerapan pelembap ke dalam kulit.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memasang filter air keran atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin A dan C yang membantu melawan lapisan film yang menempel pada air sadah.

5. Obat jerawat dan retinol mempercepat pergantian sel dan menyebabkan kulit kering

Asam salisilat sangat bagus untuk mengobati jerawat, tetapi juga dapat mengeringkan kulit. Berbeda dengan asam salisilat, retinol mengeringkan kulit dengan cara melonggarkan hubungan antar sel di permukaan kulit.

6. Udara kering bisa meningkatkan gejala kulit kering

Tak hanya di luar ruangan, udara di dalam ruangan juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Udara panas dan kering dapat menurunkan tingkat kelembapan dan menyebabkan kulit kering dan gatal.

7. Mencuci tangan secara berlebihan

Mencuci tangan secara berlebihan dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Untuk mengurangi efek kulit akibat mencuci tangan, Anda bisa menggunakan air hangat dan memilih sabun yang mengandung pelembab. Lalu jangan lupa mengeringkan tangan dengan lembut.

8. Mandi air panas dalam jangka waktu lama

Mandi atau berendam dalam air panas dalam waktu lama dapat membuat kulit dehidrasi. Untuk menghindarinya, Anda bisa membatasi waktu mandi tidak lebih dari lima menit dan menjaga suhu air tetap hangat.

9. Usia tua

Kulit kering menjadi masalah seiring bertambahnya usia. Orang dewasa di atas usia 40 tahun lebih berisiko mengalami kulit kering.

Gunakan pelembab yang mengandung itu Ceramide Asam hialuronat, dan minyak mentah. Bahan-bahan ini membantu mengembalikan kelembapan yang hilang dan memperbaikinya dengan cepat penghalang kulit.

10. Kondisi medis tertentu

Masalah kulit seperti psoriasis dan eksim bisa membuat kulit rentan kering. Namun kulit kering juga bisa menandakan kondisi lain seperti diabetes, penyakit tiroid, penyakit ginjal, malnutrisi, atau lainnya

Jika kulit Anda terus-menerus kering, waspadai area yang meradang, atau jika kulit menjadi kencang, gatal, hiperpigmentasi, dan terdapat bercak kasar atau bersisik, Anda mungkin perlu menemui dokter untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

Inilah 10 penyebab kulit kering yang sering tidak kita sadari. Jika kulit kering sudah mengganggu keseharianmu, jangan lupa segera periksa ke dokter ya, Beauties!

Saya ingin menjadi salah satu penyanyi yang dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan Acara Bersemangat di Beautynesia? Mari bergabung dengan komunitas pembaca Beautynesia B- Bangsa. Cara mendaftarnya disini!

(kawat/kawat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *